Pesona Desa Wisata Di Kabupaten Magelang Berjuluk Nepal Van Java

Bangunan bertingkat-tingkat dengan panorama pegunungan yang indah sebagai latar belakangnya. Pemandangan Butuh Kaliangkrik seakan melukiskan citra para traveller pada pemandangan serupa di desa-desa di atas awan yang berada di jalur pendakian dataran tinggi Nepal, baik itu Basecamp Everest maupun Annapurna.

Dengan pemandangan tersebut, desa wisata di kaki Gunung Sumbing, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini kemudian dinamai Nepal van Java. Desa yang berjarak 34 kilometer dari Kota Mungkid itu ternyata menjadi idola para pendaki pada Rabu, 28 Agustus 2020.

BACA JUGA  Objek Wisata Bahari Kepulauan Togean Telah Dibuka Lagi

Dengan foto dan video yang menunjukkan panorama yang tersebar di media sosial, semakin sulit untuk menolak pesona Butuh Kaliangkrik. Alhasil, semakin banyak traveller yang lalu lalang, dimana di beberapa foto ada yang sengaja naik sepeda sambil menikmati sejuknya udara sekitar.

Keunikan topografi bangunan di desa wisata ini diperkuat oleh nuansa hijau di sekitarnya. Ada kebun sayur di sekitar Butuh Kaliangkrik.

Tak hanya mampir, ada penginapan sederhana layaknya keluarga angkat bagi yang ingin bermalam. Sederet unggahan di media sosial akan menginformasikan wisatawan bahwa tidak ada tiket masuk ke desa wisata ini.

BACA JUGA  Objek Wisata Gunung Putri Lembang Jawa Barat

“Dibayar hanya lima ribu (Rp) untuk parkir,” tulis akun Instagram sebagai keterangan foto. Meski menanjak, namun jalur menuju desa wisata ini terbilang mulus, meski disarankan Anda membawa kendaraan pribadi.

Seperti Namche Bazaar di Nepal, desa indah yang populer di jalur pendakian Everest, Butuh Kaliangkrik juga menjadi tempat yang menarik bagi pendaki Gunung Sumbing.
Suasana sekitar yang masih asri dan udara pegunungan yang segar memungkinkan pendaki memilih rute melalui perkampungan. Meski menanjak, rutenya tetap mudah dilalui.

BACA JUGA  Kenali Fakta Bunga Abadi Edelwis Yang Tidak Boleh Dipetik

Selain Nepal, bentang alam Butuh Kaliangkrik juga disebut-sebut menyerupai rumah-rumah di Rio de Janeiro dan pedesaan di Tibet dan Bhutan. “Saya sarankan Anda datang ke sini pukul tujuh sampai sepuluh,” tambah seorang pengguna Instagram.

Kata Kunci Popularvan java magelang

Leave a Comment