Cara Alami Meningkatkan Produksi ASI Bagi Ibu Menyusui

Banyak ibu yang mengalami penurunan produksi ASI, dan seringnya terjadi penyumbatan saat menyusui bayinya. Ini dapat terjadi karena berbagai faktor mulai dari stres hingga ketidakseimbangan hormon, dll. Direktur pemasaran medis Kalbe Nutritionals, Dr. Muliaman Mansyur menyatakan bahwa ASI berperan besar dalam pemenuhan susu formula bayi seiring perkembangannya. Dapat digunakan untuk otak, stamina, tubuh dan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

“ASI sangat bergizi, maka pemberian ASI merupakan hal yang utama untuk memenuhi pola makan bayi sehingga pada usia 0-6 bulan dapat tumbuh dan berkembang, baik untuk nutrisi otak dan stamina serta sebagai tumbuh kembang yang optimal, “kata Dr. Muliaman baru-baru ini. “Selain nutrisi, manfaat ASI lainnya bagi orang tua dan bayi adalah merangsang kehangatan kulit dan stimulasi dalam ASI,” imbuhnya.

Tentu saja, mengonsumsi makanan seperti penguat ASI dapat membantu meningkatkan kualitas dan menambah jumlah ASI. Apalagi bila produksi ASI sering terhambat atau berkurang.
“Penguat ASI adalah istilah yang digunakan untuk meningkatkan jumlah ASI. Berbagai penguat ASI diperkenalkan dan dijual di pasaran, sehingga para ibu menyusui bingung memilih. Selain itu ASI penguat adalah kualitasnya. yang terpenting adalah kekurangan gizi, terutama setelah kolostrum dikeluarkan selama 7 hari pertama, ”ujar Dr. Muliaman.

Namun selain penambah ASI, ada beberapa cara lain untuk meningkatkan produksi ASI bagi ibu yang menyusui secara alami. Berikut beberapa cara Anda dapat melaporkan dari halaman Premamawellnes.

Tingkatkan frekuensi menyusui

Untuk meningkatkan produksi ASI, ibu dapat meningkatkan frekuensi menyusui. Cara menambahkan ASI disebut prinsip permintaan dan penawaran. Semakin banyak bayi menyusu, semakin otomatis tubuh ibu merespon kebutuhan bayi dengan memproduksi lebih banyak ASI.

Rutin dengan pompa

Para ibu dapat mulai menggunakan pompa ASI secara teratur. Mungkin ada ASI di payudara ibu setelah menyusui bayi Anda. Kecuali jika benar-benar habis, tubuh tidak akan memproduksi susu baru. Oleh karena itu, pompa ASI untuk mengosongkan sisa-sisa payudara setelah menyusui.

Ciptakan lingkungan yang optimal untuk menyusui

Ciptakan kondisi nyaman untuk menyusui. Seperti yang disebutkan sebelumnya, stres dapat menyebabkan kurangnya produksi ASI. Tentunya saat ibu bisa cukup istirahat, memenuhi kebutuhan gizi seimbang, dan merasa bahagia, produksi ASI bisa meningkat.

Inilah beberapa cara alami untuk meningkatkan produksi ASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *