Waktu Yang Terbaik Bagi Anda Melakukan Test Kehamilan

Bagi banyak pasangan, tes kehamilan bisa sangat mengkhawatirkan. Tak jarang bagi wanita, tes kehamilan bisa menjadi sumber stres tersendiri. Khusus untuk pasangan yang ingin segera memiliki bayi, tes kehamilan bisa menjadi tekanan besar. Ini bisa menjadi lebih banyak tekanan jika Anda sudah melakukan tes berulang kali tetapi hasilnya tidak seperti yang Anda harapkan. Karenanya, waktu melakukan tes kehamilan dapat mengurangi kecemasan tersebut.

Waktu Terbaik untuk melakukan test

Setelah dilansir dari Healthline, satu minggu setelah terlambat menstruasi adalah waktu terbaik untuk melakukan tes kehamilan. Jika Anda melakukan tes kehamilan sebelum waktu ini, hasilnya mungkin tidak tepat. Jika Anda tidak ingin menunggu sampai menstruasi Anda terlambat, Anda harus menunggu setidaknya satu atau dua minggu setelah berhubungan. Ini karena hormon kehamilan, atau HCG, membutuhkan waktu untuk berkembang dalam jumlah yang dapat dideteksi. Waktu yang dibutuhkan biasanya tujuh hingga 12 hari setelah implantasi sel telur berhasil.

Waktu Terbaik Dalam Sehari

Selain waktu dalam siklus menstruasi, waktu dalam sehari juga berperan dalam keakuratan tes kehamilan. Jika Anda memulai dari Verywell Family, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan hasil yang akurat jika mengikuti tes pagi. Hal ini terutama berlaku bagi Anda yang melakukan tes kehamilan sebelum larut malam. Termasuk Jerawat? Pagi-pagi sekali adalah waktu terbaik karena tes kehamilan yang dijual bebas akan mendeteksi hormon HCG dalam urin Anda. Hormon ini menjadi lebih terkonsentrasi saat Anda baru bangun tidur. Dengan kata lain, pada pagi hari kadar hormon hCG dalam urin sedikit lebih tinggi. Ini membuat tes kehamilan lebih akurat. Jika Anda melakukan tes kehamilan pada siang atau malam hari, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan hasil negatif palsu. Apalagi jika Anda minum dalam jumlah banyak di siang hari dan urine Anda menjadi encer.

Tanda-tanda Kehamilan :

Singkatnya, hasil positif pada tes kehamilan hampir pasti benar. Namun, hasil negatif kurang dapat diandalkan. Untuk itu, jika masih merasa ada tanda-tanda kehamilan, coba ulangi tes kehamilan beberapa hari setelah tes sebelumnya. Beberapa tanda kehamilan yang perlu diperhatikan antara lain:
1. Menstruasi Terlambat Salah satu tanda awal kehamilan adalah terlambatnya menstruasi. Namun, terlambatnya haid juga bisa disebabkan oleh pola makan atau pola makan, stres, olahraga atau penyakit tertentu.  beberapa wanita juga melaporkan adanya pendarahan ringan atau flek pada beberapa minggu pertama kehamilan.

2. Kram perut. Implantasi juga bisa menyebabkan rasa yang mirip dengan kram saat menstruasi. Pada awal kehamilan, Anda mungkin merasa tidak nyaman seperti tanda-tanda menjelang menstruasi. Pastikan untuk melakukan tes kehamilan.

3. Nyeri dada. Kehamilan meningkatkan kadar estrogen dan progesteron. Hormon-hormon ini membuat sejumlah perubahan dalam tubuh untuk membantu pertumbuhan janin. Salah satu perubahan yang terjadi biasanya adalah bagian dada. Biasanya, payudara terasa sakit, tetapi terasa lembut dan tampak lebih besar karena aliran darah meningkat.

4. Rasakan Perbedaan Tubuh Perubahan sejumlah hormon menyebabkan tubuh wanita menyesuaikan diri. Beberapa perubahan yang dapat terjadi antara lain: munculnya rasa mual, rasa malas makan, badan terasa lemas dan lelah, sering buang air kecil. Tanda-tanda ini mungkin lebih terlihat saat kadar HCG dalam darah meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *