Niat Puasa Senin-Kamis Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Puasa Senin-Kamis merupakan salah satu puasa sunnah yang memiliki keistimewaan berpuasa seperti yang sering dilakukan Nabi Muhammad SAW.

Niat Puasa Kamis Jika Anda ingin berpuasa di hari Senin, Kamis, bacalah niat Anda terlebih dahulu.

Berikut pengucapan niat puasa Senin-kamis dalam bahasa arab:

Bacaan Niat Puasa Sunah Hari Senin. ‘Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi taa’ala’ …

Bacaan Niat Puasa Sunah Hari Kamis. ‘Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi taa’ala’ …

Ini berbeda dengan puasa di bulan Ramadhan yang niatnya harus dilafazkan terlebih dahulu. Namun, yang terpenting dari berpuasa di hari senin-Kamis adalah Anda belum makan, minum, atau melakukan apa pun di hari itu yang bisa membatalkan puasa.

Keutamaan Puasa Senin-Kamis adalah puasa ini dilakukan langsung oleh Nabi Muhammad.

Diceritakan oleh Abu Hurairah: “Untuk Nabi Muhammad SAW lebih sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Amalan manusia dihadirkan kepada Allah setiap hari Senin dan Kamis, jadi saya bersyukur jika saya mengamalkan (pada hari itu) dan saya berpuasa pada hari itu”. (H. R. Ahmad).

Dari cerita di atas dapat disimpulkan bahwa hari senin dan kamis adalah hari yang spesial bagi seluruh hamba Allah SWT. Pada dua hari ini, tindakan seseorang disarankan oleh malaikat kepada Tuhan. Oleh karena itu, Nabi memutuskan untuk berpuasa di hari-hari penting tersebut, seperti dilansir laman Tarjih.or.id.

Manfaat Puasa bagi Kesehatan :

1. Menurunkan Berat Badan

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa puasa intermiten adalah diet 5: 2. Dilansir Healthline, diet ini merupakan pola makan makanan dengan kalori normal selama lima hari dan mengonsumsi 500 hingga 600 kalori selama dua hari lainnya.

Pola makan ini sebenarnya sama dengan puasa Senin dan Kamis yang dilakukan oleh umat Islam. Film dokumenter BBC berjudul Eat, Fast and Live Longer (Eat, Fast and Live Longer) tayang Agustus 2012 bahwa diet memiliki banyak manfaat.

Salah satunya membantu menurunkan berat badan, menambah usia, meningkatkan fungsi kognitif, dan melindungi dari penyakit seperti demensia dan Alzheimer, serta penyakit lainnya.

2. Peningkatan sensitivitas insulin

yang dilaporkan oleh puasa Lifehack terbukti memiliki efek positif terhadap sensitivitas insulin, sehingga karbohidrat (gula) dapat ditoleransi dengan lebih baik daripada tanpa puasa.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah masa puasa, insulin lebih efektif dalam menginstruksikan sel untuk mengambil glukosa dari darah.

3. Mengatasi Jerawat

Sebuah studi baru-baru ini oleh University of Graz di Austria meneliti efek utama puasa intermiten terhadap peningkatan kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit.

Dr. David Jack, seorang dokter kecantikan ternama dari London, mengatakan puasa dapat meningkatkan kesehatan usus dan juga menjaga keseimbangan mikrobioma. Melawan bakteri jahat ini juga dapat mengurangi infeksi kulit seperti jerawat dan eksim.

4. Menstabilkan Gula Darah

Selain itu, Jack menjelaskan bahwa puasa dapat memicu kestabilan gula darah dan sensitivitas insulin. Memiliki gula darah yang stabil mencegah seseorang terkena penyakit yang lebih berbahaya seperti diabetes, jantung, obesitas, Alzheimer, dan kerusakan gigi.

5. Bisa Memperpanjang Umur

Percaya atau tidak, semakin sedikit orang makan, semakin lama orang akan hidup. Penelitian telah menunjukkan bagaimana harapan hidup orang-orang dalam budaya tertentu meningkat sebagai akibat dari pola makan mereka. Namun, tidak perlu hidup dalam komunitas asing untuk mendapatkan manfaat dari puasa.

Salah satu efek utama penuaan adalah metabolisme yang lebih lambat. Semakin muda tubuh, semakin cepat dan efisien metabolismenya. Semakin sedikit Anda makan, semakin sedikit sistem pencernaan Anda.

6. Mengatasi darah tinggi

Puasa juga bisa menurunkan kolesterol jahat darah hingga 8 persen, menurunkan lemak darah hingga 30 persen, dan meningkatkan kolesterol baik hingga 14,3 persen. seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke.

7. Memperbaiki Pola Makan

Puasa dapat menjadi latihan yang bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki kelainan makan berlebihan dan bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam menetapkan pola makan yang benar karena pekerjaan dan prioritas lainnya.

Puasa Senin hingga Kamis akan memungkinkan Anda untuk makan pada waktu yang dijadwalkan yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *