Masih Merasa Lapar Ketika Anda Selesai Makan, Mungkin ini Sebabnya

Rasanya sudah terbiasa makan, tapi kenapa masih lapar? Alhasil, dia kembali ke dapur untuk menyantap hidangan lain.
Saat Anda mengalami hal ini, beberapa hal bisa menjadi penyebab rasa lapar Anda. Menurut laporan Medical Daily, ada sejumlah penyebab yang membuat Anda lapar bahkan setelah Anda baru saja makan.

1. Sebagian besar karbohidrat rendah protein dan serat
Makanan tinggi protein bisa membuat Anda kenyang lebih mudah daripada makanan rendah karbohidrat dan lemak. Efek ini bisa tetap sama meski jumlah kalori yang dikonsumsi sama.
Konsumsi serat juga bisa memperlambat pencernaan. Jika makanan diproses lebih lambat di pencernaan, tidak ada rasa lapar. Hal sebaliknya juga bisa terjadi.

2. Makan terlalu sedikit
Jumlah makanan yang Anda makan dapat memengaruhi nafsu makan Anda. Perut bisa membesar dan mengendur tergantung jumlah makanan yang Anda makan.
Otak bereaksi saat perut mengembang dan mengirimkan sinyal ke otak. Ketika Anda makan makanan tinggi dan rendah dalam jumlah besar, perut Anda mungkin akan terasa kenyang untuk beberapa saat, meskipun sebenarnya perut Anda tidak kenyang.

3. Hormon tidak stabil
Bagi seseorang yang mengalami obesitas, kadar hormon leptin seseorang dalam darahnya meningkat. Sayangnya, peristiwa ini tidak disadari oleh otak.
Hal ini menyebabkan seseorang merasa lapar meski sudah cukup makan, padahal sel lemak sudah memproduksi leptin. Kondisi ini biasa dikenal dengan resistensi leptin

4. Efek samping pengobatan
Efek samping obat tertentu adalah meningkatnya rasa lapar. Beberapa obat, seperti antidepresan, obat diabetes, atau pil KB, dapat menyebabkan efek samping kelaparan yang konstan ini.

Beberapa hal tersebut masih bisa membuat Anda lapar setelah Anda makan. Jika masalah ini terus berlanjut dalam waktu yang lama, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda untuk penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *