Lima Cara Alami Bersihkan Paru Paru Bagi Perokok

Membersihkan paru-paru bisa bermanfaat bagi orang yang merokok. Selain itu, juga penting bagi orang yang sering terpapar polusi udara, serta bagi penderita penyakit kronis yang mempengaruhi saluran pernafasan, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan fibrosis kistik.

Menghirup polusi udara, asap rokok, dan racun lainnya dapat merusak paru-paru dan bahkan menimbulkan banyak masalah kesehatan.
Oleh karena itu, menjaga kesehatan paru-paru menjadi sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), merokok adalah pembunuh utama 1 dari 5 orang di AS.

Jika Anda ingin membersihkan paru-paru, salah satu dari 5 cara berikut ini dapat membantu, seperti dilansir Medical News Today:

Terapi uap

Terapi atau inhalasi uap dapat membuka saluran udara dan membantu paru-paru mengeluarkan lendir. Uap dapat menambah panas dan kelembapan pada udara, yang dapat meningkatkan pernapasan dan membantu mengencerkan lendir di saluran udara dan paru-paru. Menghirup uap bisa langsung melegakan dan membuat pernapasan lebih mudah.

Batuk terkontrol

Batuk adalah cara tubuh mengeluarkan racun yang terperangkap di dalam lendir secara alami. Batuk yang terkontrol dapat mengencerkan lendir berlebih di paru-paru dengan memindahkannya melalui saluran udara. Dokter menganjurkan agar penderita penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) melakukan latihan berikut untuk membantu membersihkan paru-paru mereka.

Berikut langkah-langkah untuk membersihkan lendir berlebih dari paru-paru Anda:

– Duduklah di kursi dengan bahu rileks dan jaga kaki tetap rata di lantai.
– Silangkan tanganmu di atas perutmu
– Tarik napas perlahan melalui hidung
– Buang napas perlahan saat Anda mencondongkan tubuh ke depan dan tekan lengan ke perut
Batuk 2 atau 3 kali saat Anda mengeluarkan napas dengan mulut sedikit terbuka.
– Tarik napas perlahan melalui hidung
– Istirahat dan ulangi prosesnya sesuai kebutuhan.

Olahraga

Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental, serta menurunkan berbagai risiko kesehatan, termasuk stroke dan penyakit jantung.
Latihan memaksa otot untuk bekerja lebih keras, yang meningkatkan laju pernapasan tubuh dan menyebabkan suplai oksigen yang lebih besar ke otot.
Olahraga juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang membuat tubuh lebih efisien dalam membuang kelebihan karbondioksida yang dihasilkan tubuh selama berolahraga.
Tubuh mulai beradaptasi dengan tuntutan olahraga teratur. Otot belajar menggunakan oksigen secara lebih efisien dan menghasilkan lebih sedikit karbon dioksida.

Minum teh hijau

Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya menghirup asap.
Sebuah penelitian terbaru terhadap lebih dari 1000 orang dewasa di Korea. Pasca studi melaporkan bahwa orang yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau sehari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum sama sekali.

Makan makanan anti-inflamasi

Radang saluran napas bisa membuat sulit bernapas dan menyebabkan dada terasa berat dan sesak. Mengonsumsi makanan anti inflamasi dapat mengurangi peradangan untuk membantu meredakan gejala tersebut. Makanan yang dapat membantu melawan peradangan termasuk kunyit, sayuran berdaun hijau, ceri, blueberry, minyak zaitun, kenari, kacang polong, dan kacang-kacangan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *