Jangan Buang Kulit Buah Naga, Berikut Manfaatnya Untuk Kesehatan

Tidak hanya dagingnya saja, kulit buah naga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kulit buah naga dikatakan berkhasiat dan meningkatkan mood Anda.
Penelitian menunjukkan bahwa kulit buah naga kaya akan antioksidan, pektin, betacyanin, vitamin, dan serat. Peneliti telah melakukan berbagai penelitian untuk memaksimalkan penggunaan kulit buah naga.

Didukung oleh penelitian ilmiah, berikut adalah manfaat mengejutkan dari kulit buah naga, dilansir dari Kitchenicious.

1. Kaya akan antioksidan
Kulit buah naga mengandung antosianin dalam jumlah tinggi. Antosianin merupakan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis.
Sejumlah penelitian telah menemukan berbagai manfaat antosianin. Diyakini bahwa antosianin mengurangi risiko diabetes dengan mengontrol kadar gula darah. Anthosiani juga dikatakan memiliki sifat anti kanker. Selain itu, penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa antosianin dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan cara meningkatkan kadar kolesterol baik, mengontrol metabolisme gula darah, dan melindungi dari stres oksidatif.

2. Sumber serat yang baik
Kulit buah naga kaya akan serat. Serat bisa membuat Anda kenyang lebih lama.
Serat makanan berkontribusi pada kelancaran proses pencernaan. Serat juga dapat membantu menjaga kadar gula darah, menurunkan kolesterol, serta mengurangi risiko kematian akibat kanker dan penyakit jantung.

3. Makanan penutup yang lezat dan sehat
Anda bisa menjadikan kulit buah naga sebagai makanan penutup atau lauk. Anda bisa membuat selai dari kulit buah naga.
Buah naga kaya akan pektin. Pektin adalah senyawa yang terjadi secara alami pada buah-buahan. Saat dipanaskan dengan gula, pektin bisa mengental dan membentuk selai.
Selai kulit buah naga memiliki rasa manis dan asam. Selai kulit buah naga juga merupakan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Selain selai, Anda juga bisa membuat puding, kue, dan cookies dengan kulit buah naga.

4. Sebagai masker yang menutrisi kulit
Peneliti mengklaim bahwa kulit buah naga yang kaya nutrisi bermanfaat untuk kulit Anda. Anda bisa menjadikan kulit buah naga sebagai bahan baku masker wajah.
Masker kulit buah naga dikatakan memiliki khasiat yang mencegah penuaan, memperbaiki tekstur kulit, membuat kulit lebih halus, dan memperlancar aliran darah ke jaringan kulit.

5. Sebagai minuman teh
Peneliti dari China menemukan cara memanfaatkan buah naga dengan cara membuat teh darinya. Teh ini terbuat dari kombinasi kulit buah naga dan teh Guangxi manis liar, yang memiliki nilai gizi tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *