Ratusan Koin Emas Masa Khalifah Abbasiyah Ditemukan Di Israel

Koin emas dari masa Kekhalifahan Abbasiyah ditemukan oleh remaja Israel. Remaja Israel yang menjadi sukarelawan di situs penggalian di Israel tengah menemukan 425 koin emas, berusia 1.100 tahun, di dalam pot.

Koin-koin ini ditemukan di daerah yang pernah menjadi bagian dari Kekhalifahan Abbasiyah. Koin ini memiliki berat 845 gram dan diyakini bernilai tinggi jika pemiliknya memasukkannya ke dalam salah satu gerabah dan menguburnya di dalam tanah.

Para ahli mengatakan layak membeli rumah besar selama Kekhalifahan Abbasiyah. Yang masih membingungkan adalah milik siapa koin tersebut dan mengapa mereka tidak mengambil koin emas tersebut.
“Orang yang mengubur harta karun ini 1.100 tahun yang lalu berharap harta karun ini suatu saat akan diambil kembali. Bahkan, tembikar ini ditanami dengan paku dengan harapan tembikar tidak akan berpindah tempat,” kata direktur penggalian Liat Nadav-Ziv. dan Elie Haddad.

Keduanya bekerja di Otoritas Barang Antik Israel.
Koin emas dari masa Kekhalifahan Abbasiyah. Nadav-Ziv dan Haddad menggambarkan penemuan ratusan koin emas sebagai hal yang sangat langka.

“Kami jarang menemukan koin semacam itu dalam penggalian arkeologi karena emas sangat berharga dan logam ini telah dicetak ulang dari generasi ke generasi,” kata Nadav-Ziv dan Haddad.
Remaja yang menemukan harta karun itu, Oz Cohen, berkata, “Sungguh menakjubkan [rasanya]. Saya menggali dan melihat apa yang tampak seperti daun tipis. Ketika saya melihatnya dengan cermat, itu adalah koin emas.”

Robert Kool, seorang ahli koin, mengatakan bahwa selain ratusan koin emas, ditemukan potongan-potongan kecil emas yang mungkin bisa berfungsi sebagai “perubahan”.
Dia menambahkan bahwa salah satu koin ditemukan dicetak di Konstantinopel (sekarang Istanbul) pada masa kaisar Bizantium Theopilos.
Menurut Kool, inilah salah satu bukti fisik persaingan kedua ranah tersebut.

Kekhalifahan Abbasiyah muncul pada 750 sebagai pengganti Dinasti Umayyah.
Pusat kekhalifahan berada di Baghdad, ibu kota Irak saat ini. Era keemasan tercapai, antara lain ketika khalifah Harun al-Rasyid berkuasa pada 786-809.
Era Kekhalifahan Abbasiyah berakhir setelah invasi Mongol pada 1258.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *