Target Jokowi Ekspor UMKM Naik 100% Pada Tahun 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan untuk menggandakan volume ekspor produk dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari 14 menjadi 28 persen pada 2024. Hal itu disampaikan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.
“Jadi itu tujuan kita. Presiden sendiri menargetkan bisa melipatgandakan volume ekspor (UMKM) dari 14 persen pada akhir 2024,” kata Teten dalam video conference, Rabu (19/8).

Sejauh ini, Teten mencatat ekspor UMKM dari Indonesia masih rendah dibandingkan negara tetangga. Ini menjadi tantangan bagi Kementerian Koperasi dan UKM di tengah pandemi virus corona.
“Karena pandemi ini, kami harus mengukur target yang lebih realistis lagi. Ekspor UMKM dari Indonesia masih rendah,” kata Teten.
Dia mengatakan, pihaknya sedang memetakan barang apa saja yang dibutuhkan pasar luar negeri. Selanjutnya, pemerintah akan fokus mengembangkan sektor yang banyak diminati di seluruh dunia.

BACA JUGA  Total Dana Pinjaman Orang Indonesia ke Pinjol Tembus Rp 100 Triliun

“Sehingga kita bisa menawarkan produk lain setelah kita masukan. Kita bisa buat yang lain,” jelas Teten.
Dia mencontohkan beberapa sektor yang berpotensi mendapat permintaan tinggi dari luar negeri, seperti pertanian dan perikanan. Sebagian besar dari kedua sektor tersebut masih dikembangkan oleh UMKM.

“Sektor perikanan yang 96 persennya UMKM juga sektor pertanian,” kata Teten.
Menurut dia, permintaan produk ikan global masih tumbuh 3,1 persen. Ini mengacu pada laporan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO).
“Jadi sekarang masyarakat sudah memilih ikan sebagai makanan sehat, dan itu potensi di Indonesia. Ini banyak (produksi) UMKM baik ikan hidup maupun olahan,” pungkas Teten.

BACA JUGA  Bantuan Presiden Rp 2,4 Juta Untuk UMKM Akan Dilanjutkan

Leave a Comment