Waspadai Makanan Sehat Berikut Yang Bisa Sebabkan Keguguran

Menjaga kesehatan yang baik selama kehamilan memang tugas yang sulit. Wanita harus mematuhi rencana makan yang sempurna dan terbiasa dengan makanan tertentu yang harus dihindari selama kehamilan.

Baik kekurangan maupun kelebihan jenis makanan tertentu dapat berdampak buruk bagi tubuh wanita dan janin. Namun, tahukah Anda bahwa mengonsumsi makanan tertentu, terutama pada trimester pertama kehamilan, bisa menjadi ancaman bagi bayi Anda?

Keguguran pada tahap awal kehamilan (trimester pertama) sangat umum terjadi. Makanan tertentu bisa memicu keguguran. Anda juga perlu mengetahui makanan sehat yang harus dihindari selama kehamilan. Seperti dilansir Boldsky, berikut ulasannya.

1. Nanas
Jika Anda makan nanas atau minum jus nanas selama trimester pertama kehamilan, bayi bisa meninggal. Nanas terdiri dari bromelain, yang dapat menyebabkan kontraksi pada wanita hamil dan menyebabkan keguguran.

2. Hati hewan
Biasanya dianggap berkhasiat, hati hewan tidak aman dikonsumsi ibu hamil. Makan hati hewan setiap hari selama kehamilan dapat menyebabkan tingginya tingkat retinol, yang bisa berbahaya bagi janin Anda. Namun, tidak masalah dikonsumsi sekali atau dua kali sebulan.

3. Lidah Buaya
Lidah buaya sangat baik untuk rambut, kulit dan pencernaan. Namun, ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi jus lidah buaya. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan panggul, yang dapat menyebabkan keguguran. Oleh karena itu disarankan agar penggunaan produk lidah buaya dihindari selama trimester pertama kehamilan.

4. Pepaya muda
Pepaya adalah salah satu makanan pemicu keguguran yang paling umum. Pepaya hijau atau mentah mengandung enzim yang menyebabkan kontraksi rahim dan dapat menyebabkan keguguran. Oleh karena itu, wanita hamil sebaiknya menghindari konsumsi pepaya hijau, terutama selama awal kehamilan.

Penelitian menunjukkan bahwa pepaya hijau, atau pepaya mentah, mengandung berbagai macam enzim dan nanah. Akibatnya, rahim mudah mengalami kejang. Dengan cara ini, aborsi atau keguguran bisa terjadi.

5. Kepiting
Selain rasanya yang enak, kepiting juga kaya akan kalsium dan nutrisi. Namun, Anda harus menghindari makan berlebihan pada tahap awal kehamilan, karena dapat menyebabkan rahim menyusut dan menyebabkan perdarahan internal atau bahkan bayi lahir mati. Selain itu, kepiting juga mengandung kolesterol tinggi yang tidak baik untuk kesehatan ibu hamil.

6. Produk susu
Produk susu yang tidak dipasteurisasi seperti susu, keju feta, gorgonzola, brie, dll. Mengandung bakteri yang disebut Listeria yang bisa sangat berbahaya bagi wanita di berbagai tahap kehamilan. Bakteri ini juga ditemukan pada unggas mentah dan makanan laut. Oleh karena itu, wanita hamil harus sangat berhati-hati dan menghindari makanan ini selama kehamilan.

7. Kentang
Meskipun kentang dianggap aman dikonsumsi selama kehamilan, kentang yang bertunas dapat berdampak negatif bagi kesehatan ibu dan janin. Kentang kecambah mengandung berbagai racun, seperti solanin, yang dapat mengganggu pertumbuhan janin. Kentang kecambah tidak hanya berbahaya bagi wanita hamil, semua orang juga.

8. Telur
Wanita hamil harus menghindari telur mentah atau makanan dengan telur mentah seperti mayonaise, karena dapat meningkatkan risiko keracunan makanan dan salmonella. Pastikan putih telur dan kuning telur benar-benar matang setelah dimasak. Prinsipnya, ibu hamil harus menghindari konsumsi makanan setengah matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *