Apple Ancam Hapus Fortninte Dari App Store

Perseteruan antara developer Fortnite, Epic Games dan Apple semakin memanas. Menurut Epic Games, Apple mengancam akan menghapus akun pengembangnya. Ini berarti Epic tidak lagi dapat membuat atau mendaftarkan aplikasi untuk App Store.
Seperti diberitakan, Apple dan Google menghapus Fortnite dari toko aplikasi mereka karena diyakini Epic Games melanggar aturan dengan membuat sistem pembayaran mereka sendiri. Epic Games kemudian mengajukan gugatan terhadap keduanya.

Apple tampaknya segera bertindak, menetapkan tenggat waktu 28 Agustus. Setelah itu, Epic Games tidak akan dapat menerbitkan game baru atau menyediakan pembaruan perangkat lunak untuk game yang sudah ada.

BACA JUGA  Produsen Smartphone China Mayoritas Pengguna Panel Layar OLED

Ancaman ini tidak sepele, bahkan dapat membingungkan Epic Games karena App Store adalah sumber pendapatan yang sangat besar. Pengacara Epic Games juga telah membawa ini ke pengadilan.
“Ketika Epic menuntut Apple untuk mengakhiri monopoli di App Store dan pembayaran dalam aplikasi, Apple membalas dengan ganas” kata pengacara Epic Games.

“Mereka memberi tahu Epic bahwa pada 28 Agustus, Apple akan memblokir akses Epic ke semua alat pengembangan yang diperlukan untuk membuat perangkat lunak di platform Apple,” katanya, seperti dikutip dari CNBC.

BACA JUGA  Spesifikasi Redmi Note 10, Akan Pakai Kamera 108 MP

Faktanya, Epic juga mengancam akan menghentikan pemberian akses kepada pengembang lain ke teknologi Unreal Engine. Ini membuat Epic percaya bahwa Apple menyerang area lain yang tidak terkait dengan gugatan mereka.

Dalam sebuah pernyataan, Apple mengaku ingin mempertahankan Epic Games di App Store, tetapi tidak ada pengecualian asalkan sesuai dengan aturan. “Kami tidak akan membuat pengecualian untuk Epic karena kami merasa tidak tepat menempatkan bisnis mereka di atas aturan untuk melindungi konsumen kami,” kata Apple.

BACA JUGA  8 Perubahan Besar iPhone 12 Yang Akan Segera Diluncurkan

Leave a Comment