Hati Hati Berinvestasi, Ingin Untung Malah Buntung

Ada banyak kejadian di mana Anda memilih tempat yang salah untuk berinvestasi. Uang melayang. Ambil pelajaran dari kasus sebelumnya dalam memilih tempat berinvestasi dan menempatkan dana.
Freddy Tedja, Head of Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), mengingatkan bahwa tidak semua individu atau lembaga dapat memberikan nasehat atau pertimbangan dalam berinvestasi.

Selanjutnya, tidak kalah pentingnya di mana kita mengelola investasi kita. “Banyak kejadian, kita salah pilih investasi daripada untung, uang kita malah bisa melayang,” kata Freddy, Minggu (16/8/2020) di Jakarta.
Lalu bagaimana caranya memilih tempat yang tepat untuk menginvestasikan dana kita? Dia menjelaskan, di luar sana banyak individu atau lembaga yang bisa memberikan pertimbangan finansial untuk pertimbangan investasi. Tak jarang, mereka juga menawarkan produk investasi. Padahal, mereka belum tentu memiliki izin menjual produk investasi.

BACA JUGA  Layanan Online Bank Mandiri Mengalami Gangguan

Masalahnya, orang sekarang bisa dengan mudah mempercayai nama besar atau nama populer. Padahal, tidak semua orang atau lembaga keuangan kredibel, tidak memiliki benturan kepentingan, dan yang lebih penting harus resmi dan legal dalam memberikan jasa pengelolaan investasi. dia memperingatkan.

Ia menjelaskan lebih detail bahwa seorang perencana keuangan, perusahaan investasi, atau manajer investasi memiliki peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Sudah ada yang mengaturnya, baik oleh regulator maupun oleh asosiasi.

“Sebelum kita mengambil keputusan, kita perlu tahu dulu apa peran dan tanggung jawab mereka. Layanan apa yang bisa ditawarkan dengan persetujuan regulator,” ujarnya.

BACA JUGA  Waspada Pembobolan, Berikut Tips Aman Bertransaksi Di ATM

Peran perencana keuangan adalah memberikan layanan penasihat keuangan atau memberikan solusi untuk masalah keuangan klien mereka. Perencana keuangan tidak diperbolehkan untuk mengelola dana klien atau menyarankan produk investasi tertentu kepada klien. Misalnya membeli saham di perusahaan A atau membeli reksa dana B, jelasnya. (Baca Juga: Uang Rupiah Spesial HUT RI ke-75 Bikin Penasaran. Yuk kita lihat bentuknya dari masa ke masa.)

Maka tugas perusahaan investasi adalah menjadi perantara atau perantara antara investor dan pusat pasar modal dalam transaksi di bursa saham, obligasi, sukuk, reksa dana, dll.
Yang ketiga adalah manajer investasi. Tugasnya menghimpun dan mengelola dana investor melalui portofolio investasi yang disebut reksa dana. Ada juga manajer investasi yang sudah mendapatkan layanan konsultasi investasi seperti yang diberikan oleh MAMI.

BACA JUGA  Cara Daftar Dan Syarat Untuk Mendapatkan Bantuan Modal Usaha Rp3,5 Juta Dari Kemensos

Nasihat investasi ini memungkinkan manajer investasi memberi nasihat kepada investor tentang menjual atau membeli sekuritas dengan biaya tertentu. “Jadi perlu kita ketahui juga bahwa suatu lembaga bisa saja memiliki beberapa izin dengan fungsi yang berbeda pada saat yang bersamaan,” imbuhnya.

Bagaimana kita tahu lokasi mana yang telah kita pilih? Cara termudah untuk menanyakan tentang izin operasi adalah dengan melihat cara kerjanya. Sederhananya seperti ini, kita perlu berhati-hati saat pergi ke lembaga keuangan yang menawarkan layanan yang tidak sesuai dengan fungsinya.

BACA JUGA  Mau kuliner di akhir pekan? Ada diskon 50% untuk Kartu Kredit Bank Mega

Misalnya, tidak mungkin perusahaan perencana keuangan mengelola dana kliennya. Jika kami menemukan hal seperti ini, dapat dipastikan bahwa perusahaan tersebut tidak kredibel dan tidak boleh dipilih untuk menempatkan dana kami.

Jika lembaga keuangan sudah sesuai dengan tugas dan fungsinya maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan legalitas kepada regulator yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan asosiasi terkait.

Jika seseorang menawarkan jasa yang tidak sesuai dengan fungsi dan tugasnya, maka lembaga keuangan tersebut harus dihindari. Jangan tergoda oleh saran lucu dari individu atau lembaga keuangan. “Segera laporkan ke regulator atau asosiasi. Lebih baik waspada daripada menyesal nanti,” ujarnya.

BACA JUGA  Hari Ini Harga Emas Antam Naik Tipis Rp 2000/Gram

Leave a Comment