Kawasan Wisata Gunung Bromo Akan Dibuka Kembali

Setelah wisata Gunung Bromo di Kabupaten Probolingga ditutup lama karena virus corona, dibuka kembali. Rencananya dimulai pada hari Rabu.
Wisata Gunung Bromo di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, ditutup selama enam bulan. Keputusan itu diambil untuk memutus rantai penularan virus corona.

Penutupan wisata Gunung Bromo berdampak pada sektor ekonomi seluruh pelaku pariwisata. Antara lain angkutan jeep, ojek berkuda, penjual asesoris, guide wisata dan hotel serta penginapan akibat penutupan yang cukup lama dari obyek wisata Gunung Bromo.

BACA JUGA  Destinasi Wisata Alam Keluarga, Sikembang Park Batang Jawa Tengah

Dengan masuknya normal baru (new normal) wisata Gunung Bromo akan segera dibuka kembali pada Rabu (19 agustus 2020). Pengumuman ini disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak saat ditemui kelompok nelayan Kota Pantura di Probolinggo pada Minggu (9/8/2020) dan memberikan bantuan sembako.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengumumkan wisata Gunung Bromo akan dibuka pada Rabu (19 agustus 2020). Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengumumkan dibukanya wisata Gunung Bromo pada Rabu (8 Desember 2020).
“Membaiknya sektor ekonomi akibat dampak pandemi korona memungkinkan kami membuka kembali semua usaha seperti nelayan dan pertanian. Pada Rabu, tur salah satu gunung terindah di dunia, Gunung Bromo, akan dibuka kembali, namun wajib menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, “kata Emil.

BACA JUGA  Kembali Ditutup, Tiket Taman Impian Jaya Ancol Berlaku Hingga 2021

“Semua surat dari Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif dikeluarkan untuk menandai dibukanya Wisata Gunung Bromo, namun harus memenuhi protokol kesehatan yang paling ketat baik dari pengunjung maupun operator pariwisata,” tambahnya.
“Agar tidak menjadi penyebaran baru COVID-19, seluruh perusahaan dari UMKM, nelayan dan pertanian sudah mulai melanjutkan aktivitasnya untuk meningkatkan perekonomian,” tegas Emil.

Sebelumnya, kelima kawasan yang meliputi Gunung Bromo telah bersama-sama melakukan simulasi pembukaan wisata Gunung Bromo. Masing-masing menjajal pembukaan pariwisata di kawasan itu melalui penerapan protokol kesehatan.

BACA JUGA  Rekomendasi Wisata Pantai Kuncaran Di Malang Jawa Timur

Leave a Comment