Rekomendasi Makanan Sehat Setelah Berolahraga

Makan setelah berolahraga penting untuk disadari. Tubuh membutuhkan konsumsi makanan segera setelah aktivitas fisik.
Saat Anda berolahraga, otot Anda menggunakan glikogen yang tersimpan untuk bahan bakar. Glikogen habis, sementara beberapa protein di otot rusak. Setelah berolahraga, tubuh mencoba membangun kembali simpanan glikogen dan memperbaiki protein otot.

Makan makanan yang bernutrisi benar setelah berolahraga dapat membantu tubuh Anda mendapatkan kembali otot. Berikut ini adalah pilihan makanan pasca-olahraga berdasarkan berbagai sumber.

1. Susu coklat
Pertahankan asupan cairan setelah berolahraga. Anda bisa mengonsumsi susu coklat. Penelitian menunjukkan bahwa susu coklat dapat memulihkan energi dengan cepat.
Para peneliti menganalisis 12 studi dengan total sekitar 150 peserta. Peserta diminta meminum susu coklat setelah menyelesaikan tes antara lain lari dan bersepeda. Setelah tes, para peneliti memeriksa detak jantung dan kadar asam laktat para partisipan. Hasilnya: Susu coklat memungkinkan para atlit berlatih enam menit lebih lama tanpa merasa lelah dibandingkan mengkonsumsi minuman berenergi.
“Susu coklat mengandung karbohidrat, protein, lemak, flavonoid, elektrolit, dan berbagai vitamin, yang menjadikan minuman ini pilihan yang sangat baik untuk memulihkan daya tahan atletik,” kata penulis studi Amin Salehi Abargouei dari Shahid Sadoughi University, Yazd, Iran, seperti di dikutip Daily Mail.

BACA JUGA  Resep Rumahan Mangut Ikan Asap Pedas Dan Gurih

2. Potongan buah dan yogurt
Menurut WebMD, 236 mililiter yogurt bisa mengandung setidaknya 20 gram protein. Latihan itu sendiri dikenal dapat memecah protein otot. Oleh karena itu, penting untuk menyediakan protein bagi tubuh setelah berolahraga.
Beri potongan buah sebagai topping untuk nutrisi tambahan. Buah memberikan serat, terutama blueberry. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi blueberry setelah berolahraga dapat membantu memulihkan peradangan otot.

3. pisang
Salah satu makanan yang direkomendasikan setelah olahraga adalah pisang. Erika Hammond, personal trainer di Rumble Boxing, mengutip ucapan Byrdie bahwa tubuh membutuhkan karbohidrat setelah berolahraga. Pisang mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat tersebut.
Selain itu, pisang juga bisa dijadikan makanan sebelum berolahraga. Makan pisang 5-10 menit sebelum berolahraga dapat membantu mencegah kejang otot.

BACA JUGA  Resep Kwetiau Goreng Gurih Enak Serta Mudah Dibuat

4. Ubi jalar
Usai berolahraga, ubi rebus juga bisa dijadikan pengganti nasi putih. Ubi jalar dapat memberikan karbohidrat dan protein yang dibutuhkan tubuh setelah berolahraga. Sumber penurunan berat badan menunjukkan bahwa 100 gram ubi jalar mengandung 21,3 gram karbohidrat, 1,2 gram protein, 0,3 gram lemak, dan 2,4 gram serat. Karbohidrat dan protein membantu tubuh memaksimalkan sintesis protein dan glikogen.

5. Salmon
Tetap masukkan lemak sehat seperti asam omega-3 yang salah satunya bisa didapatkan dari mengonsumsi ikan salmon. Berbeda dengan lemak lainnya, lemak pada ikan salmon sebenarnya dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi organ.

BACA JUGA  Resep Soto Betawi Untuk Hidangan Sarapan Keluarga Di Akhir Pekan

6. Alpukat
Saat salmon bukan pilihan, Anda bisa mendapatkan lemak sehat dari alpukat. 100 gram alpukat mengandung total 19,5 gram lemak sehat.

7. Telur orak-arik
Dalam satu butir telur Anda telah memberikan asupan protein sebanyak 6-7 gram. Usai berolahraga, Anda bisa menikmati telur orak-arik. Anda juga bisa menikmati telur sebagai taburan roti gandum, quinoa, ubi rebus, oatmeal, atau sumber karbohidrat lainnya.

segera konsumsi nutrisi di atas setelah Anda berolahraga untuk memulihkan energi ke tubuh.

BACA JUGA  Kombinasi Infused Water Yang Sehat Dan Menyegarkan

Leave a Comment