Manchester City Kalahkan PSG Pada Leg I Semifinal Liga Champions

Manchester City Kalahkan PSG Pada Leg I Semifinal Liga Champions

Manchester City dapatkan modal berharga dalam perebutan tiket ke final Liga Champions. Citizens mengalahkan Paris Saint-Germain 2-1 di semifinal.

Dalam laga yang berlangsung Kamis (29 April 2021) di Parc des Princes dini hari WIB itu, PSG unggul lewat Marquinhos pada menit ke-15. PSG tampil dominan di babak pertama.

City bangkit di babak kedua, setelah mencetak gol dari Kevin De Bruyne di menit ke-64 dan Riyad Mahrez di menit ke-71. PSG bahkan harus memainkan 10 orang dengan sisa waktu 15 menit setelah Iddrissa Gueye terkena kartu merah.

PSG menghadapi beban berat karena mereka harus memenangkan setidaknya selisih dua gol mulai pekan depan di Stadion Etihad untuk lolos ke final. Sementara itu, City hanya butuh hasil imbang.

PSG mengambil inisiatif menyerang sejak awal dan tidak memberikan kesempatan kepada City untuk mengembangkan permainan. Baru pada menit kedua PSG mendapat peluang melalui Neymar, yang mendapat bola dari Kylian Mbappe di sebelah kiri.

Sayang, eksekusi Neymar terlalu lemah sehingga bola tepat berada di pelukan Ederson. Lini tengah City tidak bergerak mengingat permainan taktis PSG, terutama di sayap.

Kylian Mbappe dan Angel Di Maria dari sayap benar-benar tangguh. PSG yang terus menekan akhirnya mencetak gol pada menit ke-15.

Korner, dari kanan, dieksekusi oleh Di Maria dan Marquinhos lolos dari penjagaan sebelum menyundul bola ke tiang jauh Ederson.

Gol tersebut membuat para pemain PSG semakin percaya diri . Pertahanan mereka lebih terbuka pada menit ke-21, memudahkan Bernardo Silva menerima umpan silang Joao Cancelo, namun Navas mampu menghalau bola dengan kakinya di tiang dekat.

Leandro Paredes mencoba peruntungannya dengan tembakan dari luar kotak pinalty pada menit ke-28, namun masih melayang. PSG sempat meminta penalti pada menit ke-40 saat Neymar dilanggar di area penalti , namun wasit tak menggubrisnya.

City punya peluang emas untuk menyamakan kedudukan di menit ke-42 saat PSG melakukan kesalahan di lini belakang. Bola diambil alih oleh Silva, yang langsung diteruskan ke Phil Foden yang berdiri bebas.

Foden menembakkan dengan kaki kirinya dari jarak dekat, tapi Navas berhasil menepisnya dengan mudah. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, City mencoba mengambil inisiatif menyerang dan PSG hanya menunggu di belakang sambil melakukan serangan balik.

PSG nyaris menggandakan hasil ketika Mbappe menusuk dari kanan pada menit ke-56 dan mengirim bola ke Verratti di depan gawang. Namun, bola justru mendekati Ruben Dias sehingga bisa dibuang.

Pada menit ke-61, De Bruyne mendapatkan tembakan di area penalti PSG. Umpan silang dari sisi kanan disambut oleh tendangan akrobatik De Bruyne, mengarah ke gawang namun masih melayang.

Tiga menit kemudian City menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dengan gol tak terduga. De Bruyne mendapatkan bola di depan area penalti dan melepaskan tembakan ke tiang jauh.

City kemudian menekan pertahanan PSG lebih agresif dan membuat tidak nyaman para pemain tuan rumah. Pada menit ke-71, Iddrissa Gueye lakukan pelanggaran terhadap Foden di depan kotak penalti.

Tendangan bebas City diberikan dan Mahrez melakukannya dengan baik. Bola melewati pagar hidup PSG dan mengarah ke pojok kanan gawang navas. City berbalik unggul 2-1.

PSG semakin kesulitan mengejar ketertinggalan saat kehilangan Gueye yang terkena kartu merah usai duel alot dengan Guendogan pada menit ke-76.

Pada menit ke-84, Mahrez hampir saja mencetak gol keduanya dengan sebuah trik dari kanan dan tidak ada pemain lain yang menghalangi. Namun, tembakannya meleset jauh.

Empat menit kemudian, giliran Foden yang menjaga bola di pertahanan PSG dan dikepung tiga pemain. Ia masih sempat menembak bola yang langsung mengarah ke pelukan Navas.

Pertandingan antara PSG dan Man City akhirnya berakhir 2-1 untuk kemenangan tim tamu.

Susunan pemain

Paris Saint-Germain: Keylor Navas; Alessandro Florenzi, Marquinhos, Presnel Kimpembe, Mitchel Bakker; Leandro Paredes (Ander Herrera 83’_, Iddrissa Gueye; Angel Di Maria (Danilo Pereira 80′), Marco Verratti, Neymar; Kylian Mbappe.

Manchester City: Ederson; Kyle Walker, John Stones, Ruben Dias, Joao Cancelo (Oleksandar Zinchenko 61′); Ilkay Guendogan, Rodrigo, Bernardo Silva; Kevin De Bruyne; Riyad Mahrez, Phil Foden.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *