Mandi Dengan Air Dingin Lebih Dianjurkan Setelah Berolahraga

Kegiatan olahraga menjadi semakin populer di tengah pandemi Covid-19. Olahraga dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh.
Sebagai pelengkap olahraga menguras keringat, mandi biasanya menjadi pilihan yang selalu dilakukan setelahnya. Mandi, terutama dengan air hangat, diharapkan dapat merelaksasikan tubuh, meredakan nyeri pada otot.

Meski banyak manfaat dan kenikmatannya, mandi air dingin setelah olahraga lebih disarankan.
Guru pendidikan jasmani Emma Obayuvana mengatakan bahwa mandi air dingin setelah berolahraga bertujuan memulihkan tubuh. Mandi dengan air dingin juga dipercaya bisa membantu mengurangi otot yang bengkak. Prinsip ini mirip dengan mengaplikasikan kompres es batu.

“Mandi air dingin mengurangi peradangan pada otot, bengkak dan nyeri,” tambah Obayuvana, dikutip dari stylist.
Dari segi studi, lanjut Obayuvana, mandi air dingin bisa memicu pelepasan neurotransmiter yang bisa memperbaiki mood. Mandi air dingin dapat membuat anda lebih berenergi dan tetap dalam suasana hati yang lebih baik.

Guru olahraga olahraga lainnya, Kerry Dixon menjelaskan, secara intrinsik terkait dengan fakta bahwa air dingin dapat menyempitkan pembuluh darah. Saat pembuluh darah menyempit, aktivitas metabolisme menurun, yang mengurangi pembengkakan dan kerusakan jaringan.

“Setelah Anda mandi, tubuh Anda menghangat lagi, dan darah mengalir kembali ke otot yang terdampak. Ini membantu menghilangkan produk sampingan yang tidak diinginkan seperti asam laktat dengan lebih efisien,” katanya. Jika dilakukan secara konsisten, cara ini akan meningkatkan sirkulasi darah dari waktu ke waktu dan menjaga kesehatan tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *