Anda Sering Merasa Mengantuk Di Siang Hari? Bisa Jadi Anda Mengidap Hipersomnia

Hipersomnia adalah gangguan tidur yang membuat orang merasa sangat mengantuk di siang hari. Hal ini dapat terjadi meskipun orang tersebut sebenarnya tidur nyenyak.
Ada dua jenis hipersomnia, yaitu primer dan sekunder. Hipersomnia primer disebabkan oleh masalah pada sistem otak yang mengontrol cara kita tidur dan bangun. Sedangkan hipersomnia sekunder menyebabkan seseorang sering merasa lelah, yang berdampak pada penurunan tingkat fokus dan energi.

Namun, tidak semua kejadian kantuk di siang hari dapat diklasifikasikan sebagai hipersomnia. Secara umum penderita hipersomnia adalah penderita sleep apnea, penyakit jantung, penyakit ginjal, depresi, dan fungsi tiroid yang rendah.

Sebuah studi oleh American Sleep Association menemukan bahwa hipersomnia lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Orang yang sering merokok dan minum alkohol juga berisiko mengalami hipersomnia.

Dikutip dari Healthline, gejala hipersomnia antara lain energi rendah, perasaan lekas marah, cemas, lambat berpikir dan berbicara, kehilangan nafsu makan, dan memori otak yang sulit diingat.
Hipersomnia bisa diatasi dengan memeriksakan diri ke dokter. Ini karena setiap penderita hipersomnia memiliki penyebab yang berbeda dan oleh karena itu memerlukan perawatan yang berbeda pula.

Biasanya dokter menyarankan jadwal tidur yang teratur dan menganjurkan untuk menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman beralkohol. Dokter juga merekomendasikan makan makanan kaya nutrisi untuk meningkatkan tingkat energi dan meresepkan obat hipersomnia tertentu seperti amfetamin, methylphenidate, dan modafinil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *