Deretan Manfaat Herbal Daun Sirih bagi Kesehatan Tubuh Kita

Daun sirih sering ditemukan sebagai tanaman hias di banyak rumah. Selain sebagai tanaman hias, daun sirih juga merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat.

Tanaman ini memiliki daun yang lebar dan biasanya tumbuh menjorok atau menyebar. Daun sirih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Daunnya kaya akan vitamin seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, karoten, yang merupakan sumber kalsium yang baik, penyamakan, saponin, eugenol, dan berbagai jenis minyak atsiri.

Lembaran yang satu ini diketahui memiliki sifat antiseptik, anti inflamasi dan mendinginkan kulit. Sehingga bisa efektif untuk berbagai masalah kulit. Namun khasiat daun sirih tidak hanya sebatas pada kulitnya saja. Saat dikonsumsi, daun ini memberikan manfaat kesehatan organ, terutama daun sirih merah. Sebagai obat diabetes dan, misalnya asam urat.

BACA JUGA  Beberapa Khasiat Serta Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh

Daun sirih telah digunakan dalam pengobatan tradisional sejak jaman dahulu kala. Menariknya, daun sirih ini memiliki banyak sekali manfaat, namun tidak membuatnya mahal untuk dijual. Bagi Anda yang ingin mengandalkan daun sirih untuk menyehatkan tubuh, daun sirih ini banyak terdapat di pasar tradisional. Atau Anda bisa menanamnya sendiri di rumah dan kemudian memetik daunnya saat Anda membutuhkannya.

Daftar isi

Berikut Manfaat Herbal Daun Sirih bagi Kesehatan Tubuh Kita

1. Analgesik.

Daun sirih adalah analgesik yang sangat baik, memberikan pereda nyeri instan. Dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh luka, memar, ruam, dll. Caranya dengan menggiling halus beberapa lembar daun sirih menjadi pasta. Oleskan pada bagian yang sakit.

2. Meringankan sembelit.

Daun sirih dapat membantu kinerja antioksidan dalam menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Mengembalikan tingkat PH normal dalam tubuh, yang dapat membantu mengatasi sakit perut. Menurut Ayurveda, mengonsumsi air dengan daun sirih bisa meredakan sembelit. Caranya adalah dengan menghancurkan daun sirih dan memasukkannya ke dalam air semalaman. Minumlah air saat perut kosong di pagi hari.

BACA JUGA  Tujuh Khasiat Dan Manfaat Kesehatan Dari Penggunaan Kulit Lemon

3. Sistem pencernaan yang lancar.

Sifat karminatif, usus, anti perut kembung, dan khasiat daun sirih lainnya dapat membantu melindungi usus. Daun sirih meningkatkan metabolisme, yang merangsang sirkulasi darah dan merangsang usus untuk menyerap vitamin dan nutrisi penting.

4. Mengurangi masalah pernapasan.

Daun sirih sangat membantu dalam mengobati sakit dada, masalah paru-paru, dan asma. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit minyak mustard pada daunnya, panaskan, dan letakkan di dada Anda untuk menyembuhkan masalah pernapasan. Anda juga bisa merebus beberapa daun dalam air, menambahkan kapulaga, cengkeh dan kayu manis. Konsumsi ramuan ini dua hingga tiga kali sehari untuk menghilangkan masalah pernapasan.

BACA JUGA  Tidak Hanya Hangatkan Badan, Ini Manfaat lain Minum Air Hangat!

5. Antiseptik dan antijamur.

Daun sirih memiliki sifat antiseptik yang luar biasa karena kaya akan polifenol, terutama Chavicol, yang menawarkan perlindungan ganda terhadap kuman. Ini juga banyak digunakan dalam pengobatan radang sendi dan orkitis.

6. Menghentikan mimisan.

Bukan rahasia lagi kalau daun sirih sering digunakan untuk menghentikan mimisan atau mimisan. Kuncinya adalah fenilpopies dan terpene daun sirih. Kegunaan daun sirih untuk mimisan adalah yang harus anda lakukan adalah menggulung daun tersebut hingga berukuran kecil kemudian memasukkannya ke dalam lubang hidung dari darah hidung.

7. Pengobatan batuk.

Jangan pernah meremehkan sakit batuk karena penyakit ini juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu manfaat menggunakan daun sirih adalah dapat mengurangi masalah batuk. Untuk melakukan ini, cuci 5 daun sirih dan rebus dalam 300 ml air. Tunggu beberapa menit hingga air mendidih. Setelah itu minum air rebusannya bila sudah hangat.

BACA JUGA  Manfaat Herbal Jahe Berdasarkan Sains yang Perlu Anda Ketahui

Baca juga: Berikut Ini 12 Manfaat Rebusan Daun Binahong Untuk Kesehatan

8. Mengurangi bau badan.

Daun sirih mengandung estradiol dan tulang selangka. Kedua bahan ini bisa mengurangi bau badan yang berlebihan. Karena estradiol dan tulang selangka bisa mengatur produksi hormon di kelenjar keringat. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengonsumsi rebusan daun sirih ini secara rutin.

9. Pengobatan bronkitis.

Daun sirih dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit bronkitis. Caranya dengan mencuci 5-7 lembar daun sirih kemudian direbus dengan 300 ml air. Tunggu sampai mendidih lalu minum. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengonsumsi minuman ini tiga kali sehari.

BACA JUGA  Benarkah Konsumsi Herbal Kunyit Bisa Cegah Penularan Covid-19?

10. Pengobatan gusi berdarah.

Selain bisa menghentikan mimisan, daun sirih juga bisa menghentikan gusi berdarah. Kandungan saponin, tanin, kalsium dan mineral fosfor menenangkan radang gusi darah. Caranya dengan cuci bersih lalu masak 10 lembar daun sirih merah. Kemudian bilas mulut Anda dengan air tiga kali sehari.

11. Pengobatan tumor.

Daun sirih juga dipercaya mampu mengobati penyakit serius seperti tumor. Pasalnya, senyawa dalam daun sirih dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Saat kekebalan tubuh meningkat, sel darah putih tubuh juga dapat menghancurkan karsinogen atau tumor di dalam tubuh.

BACA JUGA  Manfaat Bawang Merah, Tingkatkan Produksi ASI hingga Obati Anemia

12. Obat asam urat.

Daun sirih juga bisa menjadi obat yang digunakan untuk meredakan nyeri otot. Oleh karena itu, meminum daun sirih yang dimasak secara rutin dapat menurunkan kadar asam urat secara alami. Caranya adalah dengan mencuci 8 lembar daun sirih dengan 500ml air dan merebusnya. Tuang air matang ke dalam tiga gelas, minum satu gelas tiga kali sehari.

13. Pengobatan jantung koroner.

Tidak hanya bisa mencegah tumor, tapi juga bisa menjadi obat penyakit jantung. Caranya adalah dengan mencucinya lalu haluskan tiga lembar daun sirih merah. Campur dengan 7 cabai, 3 bawang merah, dan sejumput jintan. Kemudian tuangkan air mendidih. Tunggu hingga sedimen rontok. Lalu minum airnya dua kali sehari.

14. Melawan kanker sumsum tulang belakang.

Salah satu khasiat daun sirih yang belum banyak diketahui orang adalah dapat melawan kanker, khususnya kanker sumsum tulang belakang. Penelitian oleh Indian Institute of Chemical Biology (IICB), Institute of Hematology and Transfusion Medicine di Calcutta, dan Piramal Life Sciences di Mumbai, daun sirih dapat meningkatkan harapan hidup penderita kanker sumsum tulang.

BACA JUGA  Perlu Anda Ketahui Jamu Bukan Untuk Bunuh Virus Tapi Untuk Imunitas

Baca juga: 10 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Serta Cara Pengolahannya

15. Mata sehat.

Daun sirih memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi. Dengan daun sirih ini, Anda bisa menjauhkan mata dari berbagai penyakit gatal. Sangat mudah untuk mencuci dan memasak 20 lembar daun sirih hijau atau merah. Kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh mata Anda.

16. Menjaga kesehatan Miss V.

Menurut StyleCraze, antiseptik dalam daun sirih secara alami dapat menjaga kesehatan Miss V. Karena daun sirih mampu melawan bakteri jahat seperti kandida penyebab keputihan atau keputihan. Caranya adalah dengan mencuci 5-10 lembar daun sirih dan merebusnya dalam 250 ml air. Gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh area kewanitaan Anda.

BACA JUGA  5 Manfaat Ramuan Herbal Teh Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

17. Menghilangkan jerawat.

Manfaat daun sirih yang paling terkenal adalah untuk pengobatan berbagai masalah kulit, salah satunya adalah jerawat. Sifat antiseptik dan antibakteri daun sirih dapat membersihkan jerawat di area wajah, punggung, dan dada. Caranya adalah dengan membersihkan beberapa lembar daun sirih lalu haluskan hingga halus. Masukkan ke dalam rebusan. Gunakan handuk dan oleskan air rebusan tersebut pada kulit yang akan dirawat.

18. Menyembuhkan sakit kepala.

Jika sakit kepala parah, daun sirih bisa menyelamatkan Anda. Karena daun sirih memiliki khasiat mendinginkan yang bila dioleskan secara eksternal (dari luar) langsung menghilangkan rasa nyeri.

BACA JUGA  Lima Jenis Sarapan Yang Nyaman Dikonsumsi Saat Sakit Tenggorokan

19. Mencegah karsinogen yang memicu terjadinya kanker mulut.

Mengunyah daun sirih dipercaya dapat mencegah kanker mulut karena membantu menjaga kadar asam askorbat dalam air liur. Caranya adalah dengan mencucinya lalu masak 10 sampai 12 lembar daun sirih selama beberapa menit. Tambahkan madu ke dalam air. Minum ini secara rutin setiap hari.

20. Membantu mengobati diabetes.

Beberapa ramuan dan ramuan yang terdapat pada daun sirih dapat menurunkan kadar gula darah. Karenanya, daun sirih dipercaya berkhasiat untuk mengatasi diabetes. Rebus beberapa lembar daun sirih kemudian konsumsi air rebusannya secara rutin.

Leave a Comment