Link Terbaru Cek Bansos 2021: https://cekbansos.kemensos.go.id

Link Terbaru Cek Bansos 2021: https://cekbansos.kemensos.go.id

Kementerian Sosial (Kemensos) telah mengubah alamat situs web kajian kesejahteraan sosial (Bansos). Alamat sebelumnya adalah https://dtks.kemensos.go.id dan sekarang telah diubah menjadi https://cekbansos.kemensos.go.id.

Kebijakan ini diberlakukan agar data penerima bansos tahun 2021 lebih tepat sasaran. Dengan adanya website terbaru ini diharapkan setiap data dengan identitas tunggal dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) akan sesuai dengan data kependudukan yang disimpan oleh Kementerian Dalam Negeri, dalam hal ini Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Baca juga: 10 Fakta BLT UMKM 2021, Penerima Tahun Lalu Bisa Dapat Lagi

“Keutuhan DTKS tersebut dipulihkan pada Maret dan ditetapkan pada 1 April 2021 oleh Menteri Sosial Nomor 12 / HUK / 2021 sehingga menjadi DTKS baru,” kata Mensos Tri Rismaharini dalam pers. konferensi pada Rabu (21/04).

Kini, melalui https://cekbansos.kemensos.go.id, masyarakat bisa mengecek Penerimaan Bantuan Sosial tahun 2021, antara lain Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai.

Berikut ini cara terbaru mengecek penerimaan Bansos 2021:

  1. Kunjungi website https://cekbansos.kemensos.go.id
  2. Isi data provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat Anda tinggal
  3. Ketik nama Anda sesuai KTP
  4. Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode
  5. Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru Lalu klik tombol cari.

Baca juga: Cek Syarat dan Formasi CPNS 2021 yang Dibuka Sebentar Lagi

Risma mengatakan, website terbaru ini diharapkan dapat memenuhi hak atas informasi publik dan meningkatkan transparansi dalam distribusi bansos di masa mendatang.

“Fitur dan kemampuan aplikasi cekbansos akan terus ditingkatkan sejalan dengan kebutuhan ke depan dan masukan serta harapan masyarakat,” kata Risma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *