8 Buah dan Sayuran yang Dapat Mengatasi Dehidrasi

Tidak hanya melalui air minum, penyerapan cairan tubuh dapat dicapai melalui konsumsi makanan untuk mengatasi dehidrasi. Berbagai jenis makanan, mulai dari semangka hingga melon hingga mentimun, dapat dikonsumsi untuk mengisi kembali cairan tubuh yang hilang saat mengalami dehidrasi.

Beberapa orang masih menganggap dehidrasi sebagai rasa haus atau hanya kelelahan. Padahal, dehidrasi adalah suatu kondisi ketika tubuh kehilangan atau kekurangan cairan sehingga tidak dapat berfungsi dengan normal.

Berikut 8 jenis makanan untuk mengatasi dehidrasi

Jika tidak ditangani, dehidrasi berisiko menyebabkan gejala serius seperti peningkatan detak jantung, demam, dan kehilangan kesadaran.

Untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi, Anda perlu mengganti cairan tubuh yang hilang dengan minum banyak air dan mengonsumsi makanan tinggi air seperti buah dan sayuran.

Buah dan sayur tidak hanya memiliki kandungan air yang tinggi, tetapi juga kaya serat, karbohidrat kompleks, asam amino, serta vitamin dan mineral. Tidak hanya dapat mencegah dan mengobati dehidrasi, buah dan sayuran juga dapat menambah asupan makanan tubuh.

BACA JUGA  Berikut Ini 4 Sayuran Terbaik Untuk Mencegah Kanker Payudara

Di bawah ini adalah beberapa jenis buah dan sayuran yang menjadi makanan yang baik untuk mengatasi dehidrasi:

1. Semangka

Cegah Dehidrasi Selama Puasa Ramadan, 5 Makanan Ini Wajib Dikonsumsi - Ramadan Tempo.co

Selain memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, semangka juga dikenal sebagai buah rendah kalori yang mengandung sekitar 92% air. Selain itu, buah semangka mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, mangan, dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Selain baik dikonsumsi untuk mengatasi dehidrasi, kandungan antioksidan likopen dalam semangka bermanfaat untuk melawan efek radikal bebas, meningkatkan kesehatan jantung, dan mencegah kanker.

BACA JUGA  Cara Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh saat Puasa Ramadhan

2. Belimbing

Berbagai Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan

Buah belimbing mengandung sekitar 91% air, vitamin C dan berbagai antioksidan yang meningkatkan kesehatan. Mengonsumsi buah ini tidak hanya dapat mengatasi dehidrasi tetapi juga menjaga kesehatan jantung.

Namun, buah belimbing tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal, karena buah ini mengandung asam oksalat yang cukup.

Pada penderita penyakit ginjal, penumpukan asam oksalat di dalam tubuh dapat memperburuk kerusakan ginjal dan meningkatkan risiko gagal ginjal.

3. Jeruk bali

7 Manfaat Grapefruit, Buah yang Mirip Jeruk Bali - Alodokter

Grapefruit atau jeruk bali merah merupakan salah satu jenis buah jeruk yang kaya akan air, serat, asam folat, vitamin C, antioksidan, dan kalium. Buah ini mirip dengan jeruk bali yang umum di Indonesia.

BACA JUGA  10 Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

Karena banyaknya nutrisi, jeruk bali dikonsumsi tidak hanya untuk mengobati dehidrasi, tetapi juga untuk mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah kanker.

4. Stroberi

Cegah Dehidrasi Dengan Konsumsi 11 Sayur dan Buah Ini Halaman all - Kompas.com

Pada dasarnya semua buah golongan berry seperti strawberry dan blueberry memiliki kandungan air yang tinggi. Namun stroberi merupakan jenis berry yang mengandung air paling banyak. Oleh karena itu, buah ini sangat cocok dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

5. Melon

 

BACA JUGA  Manfaat Herbal Teh Kunyit Hangat Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Melon Untuk Tubuh Fit Dan Sehat - Beauty Fimela.com

Melon banyak mengandung air, serat dan berbagai nutrisi seperti vitamin A, asam folat, vitamin C, kalium, magnesium, kalsium dan protein. Buah ini juga tinggi antioksidan.

Berkat nutrisi yang melimpah tersebut, melon bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, meningkatkan penglihatan, serta menjaga kesehatan tulang dan kulit.

6. Mentimun

Mentimun Bisa Mengurangi Bau Mulut, Kenali 6 Manfaat Lain Bagi Kesehatan - Serambi Indonesia

Sering disantap sebagai lalapan, rujak atau selada, ketimun merupakan salah satu makanan dengan kadar air tertinggi 97%. Kandungan air yang tinggi ini bisa membantu Anda mengganti cairan yang hilang saat Anda mengalami dehidrasi.

BACA JUGA  5 Manfaat Ramuan Herbal Teh Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

7. Selada

 

8 Manfaat Selada untuk Kesehatan

Selada juga merupakan sayuran dengan kandungan air yang sangat tinggi. Kandungan air dalam selada mencapai 96%, sehingga baik dikonsumsi untuk mengatasi dehidrasi.

8. Tomat

Sah! Pengadilan Putuskan Tomat Tergolong Sayuran

Tomat mengandung banyak air dan sangat enak jika dibuat menjadi jus tomat untuk memuaskan dahaga saat cuaca panas. Tak hanya itu, buah ini juga kaya akan antioksidan seperti likopen, flavonoid, lutein, dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tidak hanya buah dan sayur yang disebutkan di atas, namun berbagai jenis makanan lain seperti bubur, sup, dan yoghurt bagus untuk disantap sebagai makanan untuk mengatasi dehidrasi.

BACA JUGA  Bahan Kandungan Suplemen Yang Berbahaya Bagi Kesehatan Ginjal

Meski Anda bisa menjaga cairan tubuh dengan mengonsumsi makanan tinggi air, Anda tetap perlu minum cukup air untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

Leave a Comment