Fakta Jozeph Paul Zhang, Orang yang Mengaku Nabi ke-26

Nama Paul Zhang saat ini sedang viral di media sosial. Pengguna internet Indonesia menghujatnya karena mengaku sebagai nabi ke-26.

Ekspresi Paul Zhang dilakukan melalui video di channel Youtube miliknya. Dalam kesempatan ini dia juga menghina Nabi Muhammad SAW.

Paul Zhang kemudian dibanjiri hujatan karena penistaan ​​agama. Karena itu, dia dilaporkan ke polisi oleh Kepala Cyber ​​Indonesia, Husin Shahab.

“Hari ini sudah kita laporkan pemilik akun youtube Joseph Paul Zhang yang diduga menistakan agama dan menantang polisi minta ditangkap,” cuit Husin Shahab di akun Twitternya @HusinShihab yang dikutip Minggu, 18 April 2021.

BACA JUGA  Viral Parodi Lagu Indonesia Raya, #IndonesiaRaya & #Malaysia Trending Topic

Dalam cuitannya itu, Husain Shahab juga mengunggah dokumen surat pelaporan yang ia layangkan terhadap Jozeph Paul Zhang ke Bareskrim Polri. Dalam surat tersebut Husin Shahab mencantumkan dugaan pelanggaran pidana ujaran kebencian (hate speech) dengan Pasal 454 ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) UU Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE, serta 156a KUHP.

Selain dilaporkan ke polisi, ada fakta lain Jozeph Paul Zhang. Berikut telah telah kami rangkum :

1. Paul Zhang sudah lama meninggalkan Indonesia

Polisi memastikan keberadaan Jozeph Paul Zhang. Pria yang viral karena mengaku nabi ke-26 itu bukan di Indonesia. karena dia sudah lama meninggalkan Indonesia.

“Kami berkoordinasi dengan baik dengan pihak imigrasi. Data yang bersangkutan (Jozeph Paul Zhang) sudah keluar dari Indonesia sejak Januari 2018 dan belum kembali,” kata Kabareskrim, Mabes Polri Komjen Pol. Agus Andrianto, dikutip dari Antara, Minggu 18 April 2021.

BACA JUGA  Dokter Umum Di RSUD Undata Palu Positif Terpapar Covid-19

2. Polri bekerja sama dengan Interpol untuk menangkap Paul Zhang

Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia bekerja sama dengan Interpol untuk memastikan keberadaan Jozeph Paul Zhang. Pria yang mengaku sebagai Nabi ke-26 itu diketahui sudah tidak ada lagi di Indonesia.

Kabareskrim Polri, Komjen Pol. Agus Andrianto mengatakan, pihaknya menduga Paul Zheng sudah tidak lagi tinggal di Indonesia. Berdasarkan data perlintasan, dia sudah meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018.

Namun, lanjut Agus, hal tersebut tidak menghalangi pihaknya untuk mengusut kasus tersebut dan menyiapkan dokumen penyidikan. Bahkan, Agus juga memastikan Bareskrim Polri bekerja sama dengan polisi asing dan menyiapkan Daftar Buronan (DPO) untuk Jozeph Paul Zhang agar bisa dideportasi dari negara tempatnya berada.

BACA JUGA  Hari Ini Gisel Kembali Diperiksa Polisi Terkait Kasus Video Porno

“Mekanisme kerja sama kepolisian luar negeri bisa berjalan, mau enggak negara tempat yang bersangkutan tinggal mendeportasi yang bersangkutan. DPO nanti akan diterbitkan,” beber Agus.

3. MUI mengutuk Paul Zhang

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengutuk tindakan Jozeph Paul Zhang yang mengaku sebagai nabi ke-26 itu. Komentar itu dianggap menghina Islam.

“Kita jelas-jelas mengutuk tindakan kegaduhan yang telah dilakukan oleh Jozeph Paul Zhang yang telah menghina Nabi Muhammad dan melecehkan ajaran Islam,” kata Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas melalui keterangan tertulis, Minggu, 18 April 2021.

BACA JUGA  Polisi Masih Kesulitan Ungkap Sosok Wanita di Video Syur Mirip Gisel

Leave a Comment