6 Minuman yang Dapat Gantikan Cairan Tubuh Selain Air Putih

Tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup agar organ dapat berfungsi secara normal. Kekurangan asupan cairan bisa menyebabkan dehidrasi. Berikut beberapa pilihan minuman yang menggantikan cairan tubuh selain air putih.

Ahli gizi Beverly Hills, Nancy Rahnama, mengatakan dehidrasi adalah kondisi umum bagi banyak orang. Dehidrasi bisa menimbulkan beberapa gejala, antara lain kelelahan, sembelit, dan penurunan konsentrasi.

Kebutuhan cairan harian bervariasi dari orang ke orang, bergantung pada berat badan, kondisi lingkungan, aktivitas fisik, dan fungsi usus. Namun, para ahli umumnya merekomendasikan asupan cairan 8 gelas sehari atau sekitar 1,8 liter.

BACA JUGA  Cara Mengobati Usus Buntu Tanpa Tindakan Operasi

Berikut minuman yang menggantikan cairan tubuh selain air putih.

1. Susu

Susu: Nutrisi Untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh - Tirto.ID

Seperti dilansir Food NDTV, susu dikatakan lebih baik untuk rehidrasi dan juga untuk memerangi dehidrasi daripada air.

Ini karena susu mengandung campuran alami karbohidrat, protein, dan natrium berkualitas tinggi yang membantu tubuh Anda menahan cairan.

BACA JUGA  Bolehkah Bersihkan Bagian Intim dengan Sabun atau Tisu Basah Bayi?

Anda dapat bereksperimen dengan berbagai milkshake dan smoothie, atau bahkan memilih buttermilk atau lassi dengan yogurt.

2. Air kelapa

Air Kelapa Miliki Khasiat bagi Penderita Covid-19 yang Punya Penyakit Penyerta - SINDOMANADO

Anda mungkin sudah tahu. Tak diragukan lagi, air kelapa adalah minuman penghidrasi terbaik. Ini rendah kalori dan tinggi kalium dan dikenal memiliki sifat pelembab yang lebih baik daripada air biasa.

Ini juga memberi energi yang alami, menjadikannya pengganti yang lebih sehat untuk minuman olahraga atau energi.

Baca juga: Olahan Minuman Dan Makanan Penambah Darah Alami

BACA JUGA  Enam Jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

3. Jus mentimun

Minum Jus Mentimun Rutin dan Dapatkan 6 Manfaat Sehat ini! – Radar Pekalongan Online

Mentimun diketahui mengandung 90 persen air dan merupakan salah satu sayuran yang paling melembabkan tubuh.

Jus sayuran lebih baik untuk hidrasi daripada jus buah karena kandungan gula alami pada buah-buahan dapat menghambat hidrasi. Selain itu, jus buah cenderung memiliki bentuk gula yang pekat.

Namun, jika Anda menyukai jus buah, jus jeruk bisa menjadi pilihan yang baik karena mengandung elektrolit yang tinggi. Bahkan jus bit bagus untuk hidrasi dan juga berfungsi seperti pembersih darah alami.

BACA JUGA  Beberapa Khasiat Serta Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh

4. Teh herbal

5 Macam Teh Herbal yang Bukan dari Daun Teh - RoomMe

Asupan cairan harian juga bisa dicapai dengan mengonsumsi teh herbal. Ada berbagai macam teh herbal seperti teh adas, teh jahe, teh chamomile, teh kunyit, teh rosella dan teh krisan.

Rasa dan aroma teh herbal memastikan bahwa minum tidak terasa membosankan . Faktanya, teh herbal juga menawarkan manfaat kesehatan tambahan.

Tidak hanya membantu Anda tetap terhidrasi, tetapi teh herbal juga menenangkan saraf yang lelah dan menenangkan pikiran Anda.

5. Infused water

6 Keuntungan Konsumsi Infused Water, Tubuh Kembali Bugar - Hot Liputan6.com

 

BACA JUGA  8 Buah dan Sayuran yang Dapat Mengatasi Dehidrasi

Anda bisa membumbui air tanpa menambahkan sirup atau jenis gula lainnya. Cukup tambahkan potongan buah atau sayuran ke air yang disebut Infused water.

Yang harus Anda lakukan hanyalah menyiapkan botol minum, air dan potongan buah secukupnya. Semua buah-buahan seperti apel, stroberi, jeruk, persik atau beri dapat ditambahkan ke dalam air. Kemudian simpan campuran air dan potongan buah di lemari es.Infused water bisa dinikmati keesokan harinya.

6. Buah-buahan

Jangan Asal Pilih, Kenali Deretan Buah-buahan yang Baik dan Tidak Baik Dimakan Saat Puasa - Semua Halaman - Grid.ID

Makan buah-buahan seperti semangka, stroberi, jeruk, dan tomat juga bisa menjadi minuman yang menggantikan cairan tubuh. Pasalnya, buah ini memiliki kandungan air yang tinggi.

BACA JUGA  Manfaat Minum Air Putih Setiap Pagi Setelah Bangun Tidur

Selain itu, buah biasanya dianugerahi sejumlah besar nutrisi penting.

Leave a Comment