10 Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

Di awal bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan berpuasa sesuai petunjuk agama Islam. Puasa melalui rasa lapar dan haus sebenarnya membawa manfaat pengobatan bagi kesehatan tubuh Anda!

Banyak penelitian dan majalah kesehatan yang meneliti tentang manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan fisik dan mental. Padahal, puasa juga diindikasikan dapat menyembuhkan penyakit berbahaya.

Tak heran jika orang Yunani kuno selalu menjalankan ibadah puasa. Beberapa ilmuwan juga merekomendasikan puasa jika ingin memperbaiki kondisi mental dan fisik.

BACA JUGA  Perlu Anda Ketahui, Perbedaan Rapid Test, Swab, atau TCM COVID-19

Puasa di bulan Ramadhan memberi penghargaan kepada Anda tidak hanya karena menjalankan perintah Allah, tetapi juga untuk kesehatan fisik dan mental Anda.

Daftar isi

Di sini Etalase.com berbagi manfaat kesehatan dari puasa Ramadhan.

1. Biarkan sistem pencernaan beristirahat

3 Langkah Mudah Menjaga Pencernaan Tetap Sehat

Sistem pencernaan tidak pernah berhenti bekerja, apalagi jika Anda makan tiga kali sehari ditambah camilan, sistem pencernaan harus bekerja ekstra.

Puasa memungkinkan organ pencernaan Anda untuk beristirahat secara otomatis, yang dapat membuat sistem pencernaan lebih sehat dan mencegah penyakit perut, sembelit, dan diare.

2. Menurunkan gula darah

Mengetahui Kadar Gula Darah Normal untuk Tubuh

Puasa Ramadhan dapat menurunkan gula darah karena tubuh harus memecah glukosa untuk mendapatkan energi karena tidak diberikan makanan atau minuman apapun.

BACA JUGA  Pengertian, Hukum Dan Tata Cara Membayar Zakat Fitrah

Kondisi ini juga menurunkan produksi insulin tubuh, sehingga puasa saat Ramadhan bermanfaat untuk mencegah lonjakan gula darah.

3. Buang racun dari dalam tubuh

9 Jenis Makanan Ini Bantu Menetralisir Racun dalam Tubuh - Blog TribunJualBeli.com

Variasi makanan yang Anda makan menyebabkan tubuh Anda menerima zat tambahan yang dicampur dengan makanan Anda yang dapat berubah menjadi racun saat menumpuk di tubuh Anda.

Dengan berpuasa, tubuh mengeluarkan dan membuang racun yang mengendap di tubuh karena ada “jeda” saat tubuh berhenti mengonsumsi makanan dan minuman.

BACA JUGA  Marhaban Ya Ramadhan! Berikut Ini Doa Puasa dan Niat Puasa Ramadhan

4. Penurunan kadar lemak

Cara Cepat Menghilangkan Lemak di Perut Tanpa Efek Samping | HonestDocs

Manfaat puasa selama bulan Ramadhan telah terbukti dapat mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh yang dapat memicu berbagai penyakit.

Saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan makanan atau minuman apapun. Kemudian tubuh akan memecah kandungan glukosa untuk diubah menjadi energi. Saat glukosa habis, tubuh mengubah lemak menjadi energi.

5. Jantung yang sehat

7 Langkah Memperoleh Jantung Sehat, Yuk Terapkan : Okezone Lifestyle

Manfaat puasa Ramadhan berikutnya adalah dapat menyehatkan jantung. Berkurangnya kadar lemak saat berpuasa dapat mengurangi risiko penyumbatan arteri akibat partikel lemak.

BACA JUGA  Manfaat Puasa Bisa Regenerasi Sistem Kekebalan Tubuh dalam 72 Jam

Selain itu, puasa selama sebulan di bulan Ramadhan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida, serta menurunkan tekanan darah.

6. Menurunkan berat badan

Waspadai Ya, Ini 5 Tanda Jika Racun dalam Tubuh Sudah Menumpuk!

Puasa dapat mempercepat metabolisme Anda dengan melatih tubuh selama berjam-jam tanpa makan atau minum. Ini berperan dalam membangun kembali sistem metabolisme dengan benar.

Metabolisme yang lancar secara otomatis membuat penurunan berat badan lebih efektif daripada membatasi jumlah kalori tertentu. Puasa juga dapat menjaga jaringan otot tetap kuat.

BACA JUGA  Orang yang Wajib Membayar Fidyah dan Jumlah yang Dibayarkan

7. Menjaga kesehatan kulit

Ingin Menjaga Kesehatan Kulit Dengan Baik? Lakukan Beberapa Langkah Ini! | YNET Solutions

Meski puasa Ramadhan sering tidak dikenali, puasa menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan kulit! Diantaranya adalah menyembuhkan jerawat, mengurangi iritasi dan menjadikan kulit lebih bercahaya.

Saat berpuasa, tubuh lebih cepat memperbaiki sel kulit yang rusak, sehingga proses regenerasi kulit lebih optimal. Proses detoksifikasi yang berlangsung di dalam tubuh selama puasa dapat membantu menyeimbangkan kadar hormon penyebab jerawat.

8. . Meningkatkan Kualitas Tidur

Alami Susah Tidur? Konsumsi 5 Minuman Ini, Kualitas Tidur akan Meningkat  dan Lebih Nyenyak - Tribunnews.com Mobile

Di awal Ramadhan, tubuh mungkin masih harus beradaptasi dengan perubahan pola tidur karena harus bangun pagi-pagi sekali. Namun, ternyata penelitian menunjukkan bahwa kualitas tidur orang yang berpuasa akan meningkat.

BACA JUGA  Dampak Buruk Bagi Kesehatan Apabila Sering Mandi Malam Hari

Setelah seminggu berpuasa, tubuh menyesuaikan diri untuk bangun tepat waktu menjelang sahur, sehingga kebiasaan begadang berkurang. Dengan cara ini, kualitas tidur Anda akan meningkat dan suasana hati Anda juga akan menjadi lebih baik.

9. Membunuh sel kanker

Kemoterapi: Manfaat, Pengobatan, Efek Samping, dll

Dalam sebuah studi tahun 2016, penelitian menunjukkan bahwa puasa yang dikombinasikan dengan kemoterapi memperlambat perkembangan kanker payudara dan kulit.

Puasa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mengurangi produksi sel kanker dan menghambat pertumbuhannya. Untuk itulah, Anda sering disarankan untuk berpuasa sebelum menjalani operasi atau pengobatan kanker.

BACA JUGA  10 Makanan yang Baik Dikonsumsi Untuk Redakan Radang Tenggorokan

10. Mengurangi gejala depresi

Kenali 6 Cara Mengatasi Depresi Musiman - Info Sehat Klikdokter.com

Sebuah penelitian mengatakan bahwa puasa telah terbukti mengurangi gejala depresi dan kecemasan atau kecemasan yang Anda alami.

Karena saat berpuasa, otak melepaskan lebih banyak endorfin, yang bisa membuat Anda merasa lebih bahagia. Tak heran jika Anda lebih sehat secara rohani setelah berpuasa di bulan Ramadhan.

Nah itulah manfaat puasa Ramadhan untuk kesehatan fisik dan mental. Jadi tidak ada alasan lagi untuk menjadi terlalu malas terlalu cepat. Selamat Puasa Ramadhan!

BACA JUGA  15 Daftar Penderita Penyakit yang Tidak Layak Divaksin Covid-19

Leave a Comment