Cara Membuat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Untuk Dapat BLT 2021

Supaya bisa mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT), lebih dulu Anda harus memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS. Tanpa KKS, maka Anda tidak akan bisa menerima BLT. Lantas, bagaimana cara membuat kartu keluarga sejahtera (KKS)? Berikut ulasan singkatnya.

Cara Membuat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

Kartu Kerja Sejahtera (KKS) adalah Kartu Kombo yang dilengkapi dengan fasilitas e-wallet yang terdiri dari uang elektronik, kartu debit atau ATM yang fungsinya sebagai tempat untuk menyimpan dana bantuan sosial yang bisa digunakan bertransaksi agen E-warong.

BACA JUGA  Berlaku Untuk Semua Perguruan Tinggi, Begini Cara Daftar KIP Kuliah 2021

Sebelum membahas soal persyaratan untuk mendapatkan BLT, maka berikut ini persyaratan yang harus dipenuhi:

  • Punya Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

KKS ini dulunya bernama KPS yang merupakan jenis kartu yang telah diterbitkan pemerintah dan ditujukan kepada keluarga miskin/rumah tangga.

  • TidakTermasuk Penerima Program Keluarga Harapan (PKH)

PKH menjadi salah satu program pemberian bantuan sosial persyaratan yang ditujukan kepada Keluarga Miskin (KM) dan keluarga yang terkena dampak pandemi dan lain sebagainya dari pemerintah.

BACA JUGA  Mensos Coret 21 Juta Data Penerima Bansos Ganda

Berikut langkah-langkah membuat kartu keluarga sejahtera (kks) untuk bisa mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yaitu sebagai berikut:

  1. Datang ke pemerintah daerah setempat seperti RT/RW untuk melakukan pendaftaran untuk menjadi peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
  2. Jika sudah mendaftar, berikutnya calon KPM akan diberikan surat pemberitahuan yang isinya berupa cara pendaftaran di tempat yang telah ditentukan.
  3. Data yang sudah diisi oleh calon penerima selanjutnya akan diproses secara paralel dan bersinergis oleh bank yang sudah tergabung ke dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), Kantor Kelurahan dan Kantor Kabupaten/walikota.
  4. Apabila proses verifikasi sudah selesai dilakukan, setiap penerima bantuan sosial akan langsung dibukakan rekening di bank supaya bisa mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
BACA JUGA  Update Harga Emas Antam Turun Rp2.000, Paling Murah Rp535.000

Apabila Anda sudah mendaftar dan mendapatkan kartu keluarga sejahtera, maka untuk mengetahui apakah sudah menjadi salah satu penerima bansos BLT Rp 500 ribu, bisa untuk melakukan pengecekan langsung ke cekbansos.siks.kemsos.go.id.

Setiap calon penerima akan diminta untuk memasukkan ID, baik itu Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau nomor Kartu Indonesia Sehat (PBI JK/KIS), atau nomor Penerima Bantuan Iuran Peserta Jaminan Kesehatan atau bisa juga Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Setelah memasukkan ID data, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu menuliskan nama lengkap Anda atau anggota keluarga lainnya yang KTP-nya digunakan pada kolom NAMA ART. Dilanjutkan dengan memasukkan kode verifikasi atau captcha yang sudah tertera, dan di klik cari.

BACA JUGA  UU Cipta Kerja, Pengusaha Tak Bayar Pesangon Bisa Diancam Pidana

Apabila memang sudah terdaftar maka di bagian status penerimaan BST, Anda bisa langsung melihat

di bagian kanan atas bawah terdapat kata KEPESERTAAN. Apabila ada tulisan BST: IYA, maka itu artinya Anda akan mendapatkan BST sebesar Rp500 ribu.

Manfaat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

Ada banyak manfaat dari Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) diantaranya sebagai berikut:

  1. Bisa digunakan untuk melakukan penarikan uang tunai dan menabung.
  2. Sebagai uang elektronik, Kartu Debit atau ATM yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi perbankan, mulai dari pembayaran tagihan, pembelian pulsa sampai mencairkan dana bantuan sosial.
  3. Sebagai penyimpanan kuota bantuan sosial dari pemerintah.
BACA JUGA  Segera Hubungi BPJS Ketenagakerjaan Jika Belum Terima Subsidi Gaji

Apabila KKS Anda tidak memiliki saldo, maka sebagai pengguna atau penerima wajib menyampaikannya langsung kepada pendamping atau TKSK yang bersangkutan agar segera ditindaklanjuti dan disampaikan langsung ke pihak Cabang Bank Mandiri.

Apabila Anda sudah memiliki KKS, maka bisa langsung datang ke agen e-warong (Elektronik Warung Gotong Royong) terdekat supaya bisa membeli bahan pangan memakai KKS yang sudah dimiliki.

E-warong adalah agen bank, pedagang dan pihak lainnya yang sudah melakukan kerja sama dengan bank penyalur yang telah ditentukan menjadi tempat pencairan atau penukaran atau pembelian bahan pangan oleh penerima. Demikianlah cara membuat kartu keluarga sejahtera (kks) dan informasinya yang bisa dijadikan informasi tambahan untuk Anda.

BACA JUGA  5 Fakta Seleksi CPNS 2021, Bukan untuk Guru Dan Tenaga Kesehatan

 

Sumber: Teknohits

Leave a Comment