5 Tips untuk Memilih Ponsel Gaming Buat Para Gamer

Sebagai sarana hiburan dan pelepas rasa jenuh saat bekerja atau belajar, mobile gaming menjadi kegiatan yang sangat penting selama pandemi.

Mulai dari Mobile Glory, Clash of Titans, Free Fire, Ayodance Mobile, Mobile Legends, Call of Duty Mobile, Free Fire, Golden Towns, menjadi beberapa game yang banyak dimainkan oleh pengguna di Indonesia.

Nah, untuk bisa memainkan game dengan nyaman atau bahkan kompetitif, diperlukan perangkat mobile dengan komponen mumpuni. Nah, apa saja yang perlu diperhatikan?

1. Kapasitas RAM Standar Gaming

Random Access Memory (RAM) menjadi salah satu komponen penting dalam gaming. Apabila game yang akan dimainkan berukuran besar dan RAM tidak memenuhi standar yang disyaratkan maka akan terjadi lag. Agar tidak terjadi lag, bisa gunakan perangkat OPPO Reno5 F yang memiliki RAM 8GB.

BACA JUGA  Perangkat Laptop Terbaru Dari Acer Dengan Prosesor Intel Tiger Lake

2. Chipset Ciamik

Perangkat untuk bermain game harus memiliki chipset mumpuni, agar kegiatan gaming semakin nyaman dan lancar. OPPO Reno5 F sendiri memiliki kinerja prima berkat MediaTek Helio P95 Octacore yang berjalan pada 2 ARM Cortex-A75 Prime Cores dengan kecepatan 2.2GHz.

Perangkat ini menyajikan waktu awal aplikasi agar terbuka lebih cepat, sentuhan layar lebih responsif, serta terjadi lag. Selain itu, OPPO Reno5 F hadir dengan Cooling System yang bisa menghilangkan panas akibat penggunaan game secara intens.

BACA JUGA  Tanggal 17 September Realme 7 Dan 7i Akan Dirilis Di Indonesia

3. Resolusi Layar Tinggi dan Ukuran Luas

Layar menjadi aspek penunjang kenyamanan saat bermain game. Semakin besar layar smartphone, permainan akan terasa lebih nyaman seperti pada perangkat OPPO Reno5 F yang memiliki layar punch-hole AMOLED 6,43 inci.

Dengan persentase screen-to-body 90,8%, tampilan game lebih kentara terlihat mata. Selain itu, desainnya cukup ramping dengan ketebalan bodi 7.8 mm dan bobot hanya 172 g.

Penutup baterainya memiliki desain 3D melengkung, menimbulkan kesan tipis, modern dan ergonomis saat digenggam tangan gamer.

BACA JUGA  Dengan Fitur Terbaru, Cek Harga Sony PS5 Yang Akan Rilis Awal Tahun

4. Sistem Operasi Sesuai

Sektor gaming menjadi salah satu yang diperhatikan dalam sistem Android terbaru. Kehadiran ColorOS 11.1 yang berbasis Android 11 ini juga menawarkan beberapa fitur gaming terbaik.

Game Focus Mode adalah fitur esklusif OPPO yang akan memblokir semua notifikasi termasuk panggilan, gesture, bahkan petunjuk volume di layar. Gaming Shortcut Mode mengurangi waktu yang diperlukan untuk memulai permainan dengan memotong sumber daya latar belakang.

Game Floating Window tidak akan menggangu gameplay pengguna karena layar diperkecil dan tidak menyebabkan keluar dari permainan.

BACA JUGA  Xiaomi Perkenalkan Perangkat Wireless Charging Terbaru

Terakhir, Bullet Screen Message sebagai solusi nyaman bagi para mobile gamer yang tidak ingin memblokir notifikasi sepenuhnya. Pesan dari aplikasi yang didukung seperti WhatsApp, Telegram, LINE, Messenger, dan SMS akan bergulir pada layar, sehingga pengguna tidak harus untuk membuka pop-up pesan yang akan mengganggu permainan.

5. Daya Tahan Baterai

Pilihlah baterai berkapasitas besar dan pastikan sudah ada fitur fast charging di smartphone. OPPO Reno5 F, contohnya, punya baterai 4.310mAh dan teknologi pengisian daya 30W VOOC Flash Charge 4.0.

BACA JUGA  Xiami Resmi Meluncurkan Smartphone Seri Mi 10T Dan Mi 10 Pro

Teknologi ini dapat mengisi daya baterai OPPO Reno5 F dengan cepat, sekaligus menawarkan Smart Power Saving – mode hemat daya untuk menjaga ponsel tetap bertenaga dan beroperasi bahkan pada kondisi kritis.

Super Power Saving Mode akan menghemat baterai dengan mengurangi frekuensi CPU, menurunkan kecerahan layar, dan lainnya sehingga baterai dalam kondisi 5% tetap dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seperti menelepon, mengirim SMS, atau menggunakan aplikasi navigasi.

Super Nighttime Standby mengidentifikasi dan menyesuaikan dengan rutinitas waktu tidur untuk memastikan baterai hanya berkurang 2%. Selain itu, untuk pengisian daya saat malam hari dan mencegah pengisian daya berlebih, 30W VOOC Flash Charge 4.0 dilengkapi dengan fitur keamanan Battery Guard.(Sindo)

BACA JUGA  Fitur Mirroring Ponsel Android Pada Windows 10 Dari Microsoft

Leave a Comment