Lalu Lintas Air Terusan Suez Kembali Normal Usai Kapal Kandas Dievakusi

Pengiriman di Terusan Suez di Mesir secara resmi dilanjutkan pada Senin malam setelah kapal kargo MV Ever Given yang terjebak berhasil dievakuasi.
Kapal kandas di Terusan Suez selama hampir seminggu dan menyebabkan kemacetan lalu lintas.

Kepala Otoritas Terusan Suez (SCA), Osama Rabie, mengatakan setelah evakuasi Ever Given sepanjang 400 meter pada Selasa pagi, 113 kapal harus berlayar di kedua arah kanal.

Dia mengatakan, 422 kapal yang antri bisa selesai dalam waktu sekitar tiga hari.

BACA JUGA  Ngeri! Junta Militer Myanmar Ancam Demonstran Ditembak di Kepala

Ever Given kandas akibat angin kencang pada tanggal 23 Maret secara diagonal di bagian selatan kanal.

Evergreen Line, perusahaan yang disewa Ever Given, mengatakan kapal tersebut sedang diperiksa kesesuaiannya di Great Bitter Lake, yang memisahkan dua bagian kanal.

“Kapal itu siap untuk navigasi terbatas setelah pemeriksaan awal dan tidak ada satupun peti kemas yang rusak, tapi penyelidikan kedua akan lebih tepat dan jika terpengaruh akan terlihat,” kata Rabie seperti dikutip dari Reuters.

BACA JUGA  Jelang Pelantikan Joe Biden Washington Dijaga Ketat Garda Nasional

Pada Senin pagi, petugas penyelamat dari SCA dan tim dari perusahaan Belanda Smit Salvage berhasil mengapung sebagian kapal.

Awak kapal juga mencoba menghidupkan kembali mesin kapal, yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia.

Dalam cuplikan video yang dibagikan di media sosial, haluan kapal tampak berhasil mengapung dalam proses evakuasi.

Sejumlah orang tampak bertepuk tangan dan mengungkapkan kegembiraan setelah kapal berlayar kembali. Klakson kapal juga bisa terdengar saat mereka saling berteriak.

BACA JUGA  Iran Kembali Siap Jual Beli Senjata Setelah Embargo Berakhir

“Tekanan waktu untuk menyelesaikan operasi ini terbukti dan belum pernah terjadi sebelumnya,” kata CEO dari pemilik Smit Salvage Boskalis Peter Berdowski.

Perusahaan mengatakan sekitar 30.000 meter kubik pasir telah dikeruk untuk mengapungkan ulang kapal kontainer berbobot 224.000 ton itu. Sebanyak 11 kapal tunda dan dua kapal tunda laut digunakan untuk menarik kapal.

Leave a Comment