Belum Tau Perbedaan Paspor Dan Visa? Simak Penjelasan Berikut

Bagi kebanyakan traveller, Visa mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Namun, terkadang ada yang tidak mengetahui perbedaan visa dan paspor.
Bagi wisatawan yang belum tahu, baik visa maupun paspor memainkan peran penting dalam perjalanan lintas batas. Namun, visa tidak selalu dibutuhkan. Lain halnya dengan paspor yang wajib dibawa.

Berikut adalah pengertian tentang visa dan paspor serta perbedaan diantara keduanya:

Apa itu Visa?

Visa adalah dokumen yang dibutuhkan oleh seorang pelancong yang ingin melakukan perjalanan ke suatu negara di mana visa tersebut memberikan bukti bahwa seseorang diizinkan memasuki negara tujuan. Visa memiliki masa berlaku sesuai dengan tujuan pemohon.

BACA JUGA  Menjelajahi Pesona Wisata Kota Batu Malang

Perbedaan Antara Visa dan Paspor

Berbeda dengan visa, paspor adalah dokumen identitas yang digunakan ketika seorang pelancong berada di negara lain yang fungsinya kurang lebih seperti KTP. Yakni identitas yang kita gunakan di negara tujuan.

Perbedaan lainnya adalah visa dikeluarkan oleh kedutaan besar negara yang kita kunjungi. Tugasnya adalah memastikan bahwa negara-negara yang dikunjungi menerima kunjungan kita dengan aman.

Sementara itu, paspor diterbitkan oleh lembaga resmi pemerintah sebagai tanda kewarganegaraan yang sah.

BACA JUGA  Wisata Murah Meriah, Kampung Jarami Di Sumedang

Bagaimana cara mendapatkan visa

Untuk mendapatkan visa, pastikan terlebih dahulu bahwa traveler sudah memiliki paspor aktif dan sudah melengkapi semua dokumen yang diperlukan.

Setelah itu, traveller bisa melakukan registrasi melalui website online kedutaan negara tujuan, atau traveller juga bisa mengajukan perjanjian visa ke biro perjalanan yang digunakan.

Biaya pengajuan visa juga bervariasi tergantung kebutuhan Anda. Wisatawan disarankan untuk mengajukan visa di luar musim liburan untuk menghindari antrian dan mempercepat proses pemrosesan.

BACA JUGA  Yuk Liburan Sebelum PSBB, Berikut Objek Wisata Sekitar Jakarta

Jenis Visa

Ada beberapa jenis visa yang penggunaannya tergantung dari tujuan kedatangan traveler di negara tersebut. Pertama, ada jenis Short-stay Visa yang biasanya diperuntukkan bagi wisatawan dengan masa berlaku 15 hingga 30 hari.

Kedua, ada Student Visa yang diperuntukkan bagi pelajar yang akan tinggal di negara tersebut hingga masa studi berakhir.

Terakhir, ada visa Temporary-worker yang diperuntukkan bagi TKA yang masih ingin kembali ke negara asalnya.

Leave a Comment