Ketahui Beragam Manfaat Tak Terduga dari Berendam Air Hangat

Mandi air hangat bisa menjadi alternatif saat Anda membutuhkan perawatan ekstra untuk seluruh tubuh Anda.

Tanpa disadari, ada banyak manfaat kesehatan dari berendam hingga mandi air hangat, di antaranya adalah perasaan tenang.

Berikut ini berbagai manfaat mandi air hangat bagi kesehatan, seperti yang dilansir dari laman Medium.

 

BACA JUGA  Peringati Hari Jantung Sedunia, Waspadai Penyakit Gagal Jantung

1. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berendam dalam air hangat hingga panas selama 60 menit dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke dan dari jantung.

2. Membuat tidur lebih cepat

Usahakan untuk mandi air hangat sebelum tidur. Satu studi menemukan bahwa orang dapat tertidur lebih cepat jika mereka mandi air hangat satu atau dua jam sebelum tidur.

3. Dapat mengurangi peradangan

Para peneliti telah menemukan bahwa berendam dalam air hangat dapat memberikan hasil yang serupa dengan manfaat anti-inflamasi dari olahraga.

BACA JUGA  Beragam Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan Tubuh Anda

Baca juga: Tidak Hanya Hangatkan Badan, Ini Manfaat lain Minum Air Hangat!

4. Membakar kalori

Meskipun berendam bukanlah pengganti aktivitas, Anda bisa membakar kalori hanya dengan berbaring di bak mandi air hangat. Riset menemukan bahwa berendam di air hangat bisa membakar kalori, seperti jalan kaki selama 30 menit.

5. Memperbaiki mood

Sebuah penelitian kecil di Jerman menunjukkan bahwa mandi air hangat secara teratur dapat meningkatkan mood sekelompok kecil orang yang menderita depresi. Sementara itu, penelitian lain menunjukkan bahwa mandi air hangat menyebabkan penurunan kortisol, yang merupakan hormon stres.

BACA JUGA  Penyebab Bau Mulut Serta Cara Alami Mengatasinya

Leave a Comment