Tidak Dilarang, Ini Syarat Mudik Lebaran 2021 dari Menhub

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan tidak akan melarang mudik Lebaran pada 2021. Namun, ada sejumlah syarat pulang kampung yang diatur.

Terkait mudik pada 2021, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan pada prinsipnya tidak akan melarang mereka, ”kata Budi dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, yang dikutip Rabu (17/3).

Dia mengatakan, persyaratan mudik diatur sedemikian rupa sehingga mengantisipasi jumlah pemudik. Budi memprediksi mudik Lebaran tahun ini meningkat karena sebagian masyarakat sudah mendapat vaksin Covid-19.

BACA JUGA  Login ke dtks.kemensos.go.id Untuk Cek Bansos Tunai Rp 300 Ribu

“pasti ada peningkatan. Program vaksinasi membuat masyarakat ingin berpergian. Ada juga PPnBM 0 persen dan penggunaan tes GeNose, yang membuat masyarakat lebih percaya diri dalam berpergian. Begitu juga diperkirakan yang mnggunakan mobil pribadi turun dari 2019. ” ujarnya.

Berdasarkan pencanangan Budi, mudik Lebaran bisa dilakukan pada tahun 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dari titik keberangkatan selama perjalanan hingga titik kedatangan.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat mudik Lebaran tahun ini, pemerintah akan terus memantau komunitas travel.

BACA JUGA  Viral Plesetkan Azan Jadi Seruan Jihad, POLRI Perlu Turun Tangan

Selain itu, pemerintah sedang berkonsultasi dengan pihak terkait untuk memperketat persyaratan perjalanan dengan memperpendek masa berlaku alat skrining Covid-19 seperti GeNose, rapid test atau PCR test.

Penerapan protokol kesehatan lainnya yang juga diperketat, seperti pemakaian masker, menjaga jarak, mendisinfeksi infrastruktur / fasilitas, memberlakukan pembatasan penumpang, dan mengatur jadwal layanan.

Leave a Comment