10 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Putuskan Menikah

Sebelum memutuskan menikah, setiap orang perlu memperhatikan beberapa hal penting terkait rumah tangga. Tujuannya agar pernikahan tersebut permanen dan tahan terhadap berbagai cobaan.

Hal penting ini terkait tidak hanya dengan diri Anda sendiri tetapi juga dengan pasangan Anda yang akan bersama Anda sepanjang hidup Anda, terutama dalam hal hubungan.

Kunci dari hubungan yang sukses adalah terbuka satu sama lain dan bersedia mengalah. Adanya cara pandang yang berbeda merupakan hal yang wajar, tinggal bagaimana Anda dan pasangan bereaksi. Membuat kesepakatan untuk banyak hal, kesepakatan atau pengaturan yang disimpan dan dijaga bersama.

Sebelum Anda melanjutkan ke jenjang pernikahan, berikut 10 hal penting yang perlu diperhatikan seperti Dilansir dari laman Lifehack.

 

1. Kepercayaan

Ini adalah nilai inti jika Anda ingin dan sudah menjalin hubungan. Anda dan pasangan perlu saling percaya agar bisa menghadapi segala kendala yang ada. Menurut sebuah artikel di jurnal Strategic Psychology, kepercayaan adalah bagian integral dari kebahagiaan dan pemenuhan hubungan. Baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional. Untuk membangun kesejahteraan bersama, diperlukan kepercayaan.

BACA JUGA  Nikita Willy Gelar Pengajian dan Malam Bainai Jelang Pernikahannya

2. Agama

Ini sangat penting ketika Anda membesarkan anak-anak. Pengetahuan agamanya berasal dari orang tuanya. Orang tua dituntut untuk menyampaikan pemahaman agama yang benar. Ajarkan segala sesuatunya secara sistematis dan perlahan agar anak lebih mengerti.

3. Kejujuran

Ini ada hubungannya dengan nilai kepercayaan dan komunikasi. Jika Anda dan pasangan tulus dan ingin menangani hubungan dengan serius, jangan pernah merusak kepercayaan dengan berbohong. Karena sekali ada pengkhianatan, akan sulit mendapatkan kembali kepercayaan.

BACA JUGA  Felicya Angelista Dan Caesar Hito Dikabarkan Akan Menikah Awal 2021

4. Loyalitas

Menurut Relationship Advice, loyalitas berarti mengetahui bahwa Anda hanya melayani satu sama lain. Semua keputusan yang Anda buat telah didiskusikan dengan pasangan Anda. Komitmen dan ikatan ini tidak dapat diputuskan atas dasar kesetiaan timbal balik. Jika kesetiaan tertanam dalam diri Anda dan tumbuh, kemungkinan itu akan membuat hubungan Anda bertahan lebih lama.

5. Keluarga

Berada dalam suatu hubungan tidak hanya berarti pertemuan dua orang, tetapi juga mempertemukan dua keluarga besar. Oleh karena itu, sembahlah dan hormati keluarga pasangan Anda sama seperti Anda memperlakukan keluarga Anda sendiri. Saat memiliki anak, keluarga memegang peranan penting dalam kehidupannya, terutama dengan orang tuanya. Bimbing dan bantu mereka, perkuat ikatan keluarga.

BACA JUGA  Boy William Rela Batalkan Rencana Pernikahan karena Covid-19

6. Komunikasi

Komunikasi, bersama dengan kepercayaan, juga menjadi hal utama untuk kemakmuran hubungan Anda. Komunikasi satu sama lain membawa Anda lebih dekat dengan pasangan Anda dan mengenalnya sedalam mungkin. Jangan simpan semuanya untuk diri Anda sendiri. Katakan saja pada pasangan Anda segalanya. Saat Anda terbuka satu sama lain, pasangan Anda akan merasa dapat diandalkan dan dapat dipercaya. Masalah tidak akan terpecahkan jika Anda tidak jujur ​​satu sama lain.

7. Disiplin diri

Pertama, terapkan kebiasaan baik dalam diri Anda. Disiplin atas kebiasaan makan, menjaga kebersihan rumah, dan menunda pekerjaan. Dengan begitu, pasangan Anda nantinya akan terbiasa dengan disiplin tersebut dan secara tidak sadar menjalaninya saat Anda melamar. Ini juga dapat mengurangi frekuensi masalah dalam rumah tangga Anda.

BACA JUGA  Jangan Buang Kulit Buah Naga, Berikut Manfaatnya Untuk Kesehatan

8. Perbaiki diri Anda

Belajar dan tumbuh bersama adalah jalan menuju hubungan yang sukses. Jadi pertama-tama jadilah contoh yang baik dan benar. Jika Anda ingin mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi agar sukses, beri tahu pasangan Anda. Katakan padanya bahwa penantian itu tidak gratis karena kamu ingin menjadi pemimpin yang dia harap bisa membangun rumah tangga nanti.

9. Keuangan

Jangan pernah meremehkan nilai ini. Agar hubungan Anda berkembang, Anda perlu berbagi pemikiran dan tujuan yang sama dengan pasangan Anda dalam hal mengelola keuangan. Memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan dengan baik menjamin masa depan Anda dan keluarga.

BACA JUGA  5 Indikasi Bahwa Anda Butuh Konseling Pernikahan

10. Gaya Hidup

Setelah Anda membuat keputusan untuk bersama pasangan Anda sampai akhir hayatnya, Anda juga perlu menerima satu sama lain dan beradaptasi dengan gaya hidup satu sama lain. Munculkan ide-ide kreatif untuk menghabiskan waktu bersama. Melakukan banyak aktivitas bersama dapat meningkatkan kebahagiaan yang luar biasa.

Leave a Comment