Rizieq Shihab Jalani Sidang Perdana Secara Virtual Hari Ini

Rizieq Shihab, mantan Ketua Front Pembela Islam (FPI), diadili di Pengadilan Negeri Jakarta Timur atas sejumlah kasus pidana yang melibatkan dirinya sejak kembali ke Indonesia akhir tahun lalu.

Rizieq akan diadili pada hari yang sama, Selasa (16/3), untuk sejumlah kasus. Prosesnya berlangsung secara virtual.

Tak hanya Rizieq diketahui yang berafiliasi dengan FPI, tapi juga sejumlah tergugat. Ini termasuk Haris Ubaidillah, Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Al-Habsyi dan Maman Suryadi untuk kasus pidana terkait keramaian di Petamburan, Jakarta Pusat, di tengah pandemi Covid-19.

BACA JUGA  Pemerintah Kota Pekanbaru Memperluas Wilayah Penerapan PSBM

Untuk kasus terkait hasil tes usap Covid-19 Rizieq Shihab di RS Ummi Bogor, Jawa Barat, beberapa terdakwa lainnya, yakni direktur RS Ummi, Andi Tatat, dan menantu Rizieq Shihab, Muhammad Hanif Alatas.

Sementara Rizieq menangani sendiri semua kasusnya.

Perkara Rizieq teregister dalam nomor perkara 221/Pid.B/2021/PN.Jkt. Tim, 225/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim dan, 226/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim.

“Sidang pertama Habib Rizieq Shihab dkk. Dengan tujuan membacakan dakwaan,” kata Alex Adam Faisal, Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (15/3).

Baca juga: Resmi Deklarasi, FPI Berganti Nama Jadi Front Persaudaraan Islam

BACA JUGA  Dirawat Di RSPAD, Dino Patti Djalal Positif Terpapar Covid-19

Secara terpisah, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Brigjen Rusdi Hartono mengatakan Rizieq tidak akan hadir secara langsung di ruang sidang karena persidangan berlangsung secara virtual.

Namun, dia mengatakan polisi tetap akan mengerahkan 658 orang untuk menjaga lokasi persidangan.

“Dalam sidang virtual, masyarakat harus paham. Artinya MRS (Muhammad Rizieq Shihab) tetap di mabes Polri untuk melakukan persidangan,” kata Rusdi kepada wartawan di Mabes Polri Jakarta, Senin (15/3).

Rusdi juga mengingatkan masyarakat atau simpatisan Rizieq untuk mengikuti aturan proses yang berlangsung di tengah pandemi virus corona.

BACA JUGA  Besok Habib Rizieq Shihab Akan Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

Sekadar informasi, dalam sidang pembukaan kali ini, Rizieq dijerat lima dakwaan alternatif di keramaian Petamburan.

Hakim yang akan memeriksa kasus Rizieq adalah Suparman Nyompa, M Djohan Arifin, dan Agam Syarief Baharudin.

Hakim Khadwanto, Mu’Arif dan Suryaman selanjutnya akan dibawa ke pengadilan dalam kasus hasil swab Rizieq di RS Ummi yang menimpa ketiga terdakwa.

Leave a Comment