Apakah Benar Hanya Dengan Minum Susu Bisa Membersihkan Paru Paru?

Susu memiliki banyak manfaat kesehatan dan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Susu dikenal baik untuk menumbuhkan gigi dan tulang, meningkatkan kualitas tidur, menetralkan racun, mencegah dehidrasi, dan banyak lagi.

Karena khasiatnya yang begitu banyak, banyak yang percaya bahwa susu juga bisa membersihkan paru-paru. Apakah itu benar? Sesuatu, mitos atau fakta?
“Mitos. Jadi saya sering mendengar kabar bahwa susu bisa membersihkan paru-paru, tapi ini semua hanya mitos. Tidak ada hubungan antara konsumsi susu dan kebersihan paru-paru,” kata Dr. Feni Nugraha, M. Gizi, Sp.GK, pada acara Healthy Life Plus di tvOne, Jumat 14 Agustus 2020.

Merokok adalah salah satu faktor risiko penyakit paru-paru dan salah satu yang dapat memperburuk gejala, kata Dr. Feni. Agar paru-paru sehat, kita harus menghentikan kebiasaan ini.
“Maka itu harus sejalan dengan diet yang sehat, bergizi dan seimbang. Nah salah satunya susu, ”sambungnya.
Feni menjelaskan susu mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh kita. Rekomendasi konsumsi susu adalah 2-3 gelas perhari untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

“Tentu susu yang dipilih dan sehat adalah susu rendah lemak, atau bisa pilih susu tidak mengandung lemak atau skim,” ujarnya.
Feni juga mengingatkan agar tidak memilih susu tinggi lemak atau susu murni. Apakah itu cukup?

“Selain mengonsumsi susu, kita harus menerapkan gaya hidup sehat, antara lain pola makan yang sehat, aktivitas fisik yang teratur, konsumsi alkohol dan rokok, istirahat yang cukup dan jangan lupa untuk menghindari stres” , tutup Dr. Feni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *