Sering Diabaikan Pemilik, Ini Arti Tulisan Pada Ban Kendaraan Anda

Angka dan huruf tertentu harus ditempel di setiap ban mobil. Jangan abaikan, Anda harus bisa memahami arti dari kode ban yang tertera pada ban.
Misalnya, label 185 / 70R14 88S ada di dinding ban. Apa artinya?

“Angka 185 itu lebar tapak ban, satuan milimeter artinya lebar tapak ban 185 mm,” kata Training Development, Kepala Departemen PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Aji Prima Barus.

Sedangkan angka 70 merupakan aspek rasio yaitu perbandingan tinggi dinding ban terhadap profil ban. Angka 70 di sini berarti dinding ban lebih tebal 70% dari 185 mm.

BACA JUGA  5 Aturan Yang Wajib Diketahui Saat Berkendara Di Jalan Tol

“Itu ketebalan ban dari tapak ke roda. Kalau pakai ban lebar 205, aspek rasio biasanya lebih kecil, misalnya 55. Standarnya, semakin tebal ban (dinding), maka lebar tapaknya akan semakin tebal. Fungsinya adalah kestabilan, ”kata Aji.

Lanjutkan ke huruf R. Artinya ban itu radial. Jika tidak ada R atau hanya bergaris berarti ban tersebut termasuk ban yang biasa.

Kemudian angka 14 adalah ukuran pelek atau roda dalam satuan inci.

Angka 88 adalah indeks beban atau kapasitas muat yang dapat digunakan untuk ban tersebut. Produsen ban mempunyai kode, 88 berarti 560 kg untuk 1 ban, artinya dikalikan dengan 4, hampir 1,2 ton. Ini untuk memasukkan beban kendaraannya, termasuk penumpangnya, ”kata Aji. Untuk informasi lebih lanjut, lihat tabel dengan indeks beban ban mobil:

BACA JUGA  Update Daftar Harga Terbaru Semua Varian Motor Yamaha Februari 2021

Kemudian kode ban dengan huruf S setelah angka 88 merupakan indeks kemampuan ban untuk melaju dengan kecepatan maksimal. Huruf S berarti ban mobil dapat dipacu dengan kecepatan hingga 180 km / jam.

“Jangan menggunakan ban S-code lebih dari 180 km / jam. Jika terjadi insiden lebih banyak bahkan bisa menimbulkan kecelakaan karena ban pecah karena tidak bisa menahan kecepatan tinggi,” kata Aji.

Selain itu, kode produksi ban juga tertera di dinding ban. Misalnya tertulis X2612. X adalah kode produksi pabrikan ban.

BACA JUGA  Produsen Mobil Listrik Vietnam Bersiap Masuki Pasar Amerika

“Yang perlu kita ketahui empat digit terakhir. Dua digit menunjukkan minggu ke-26, dua digit terakhir tahun ini. Itu artinya (produksi ban dilakukan) minggu ke-26 tahun 2012. Artinya ban ini sudah diproduksi. pada September 2012, “kata Aji. .

Leave a Comment