Realme Narzo 30A, Ponsel Gaming Sejutaan Dengan Performa Handal

Memasuki tahun 2021, berbagai vendor smartphone berlomba mengeluarkan produk baru mereka di Tanah Air. realme agak berbeda, mereka terlihat lebih tenang dan memilih untuk mengambil momen sebelum benar-benar mengeluarkan produk ponsel pertamanya di 2021.

Di Bulan Maret ini, persiapan realme tampaknya sudah selesai. Merek kembali membuktikan eksistensinya di Indonesia dengan meluncurkan smartphone yang dapat dikatakan sebagai the best value gaming smartphone di harga Rp1 jutaan.

Pada 24 Februari lalu, realme Indonesia secara resmi mengumumkan segera meluncurkan realme narzo 30A . Akhirnya sore hari tadi, smartphone tersebut dirilis dengan harga cukup menggiurkan.

Dengan spesifikasi yang dijabarkan, realme dapat mengemasnya ke dalam sebuah ponsel yang dibanderol hanya seharga satu jutaan rupiah. Lantas, bagaimana sebenarnya performa dari smartphone ini?

BACA JUGA  Resmi Diluncurkan, Berikut Ini Spesifikasi dan Harga Nokia 5.4

Kami sendiri berkesempatan untuk mencoba realme narzo 30A selama sepekan. Kami mencoba dan mengetes berbagai fitur yang ada pada smartphone ini saat menjalani “kehidupan” sehari-hari.

Performa

Sektor performa yang paling diandalkan pada realme narzo 30A ini. Secara keseluruhan, performa dari ponsel ini dapat dikatakan cukup memuaskan.

Dengan harga sejutaan, realme dapat memberikan kemampuan chipset yang mengagumkan, dilengkapi baterai yang besar, dan menggabungkan semua hal tersebut ke dalam satu smartphone harga sejutaan.

realme narzo 30A mempunyai chipset gaming yaitu MediaTek Helio G85, senjata utama smartphone ini. Untuk bermain game, ponsel tersebut sukses memainkan beberapa game favorit seperti Mobile Legends atau PUBG tanpa kendala.

BACA JUGA  Spesifikasi Dan Harga Nokia C3 Yang Baru Diluncurkan Di Indonesia

Pada saat bermain dengan smartphone ini, tidak ada lag atau frame yang patah, dan permainan tergolong berjalan cukup mulus dengan pengaturan game standar.

Berdasarkan skor AnTuTu yang kami jalankan, realme narzo 30A berhasil meraih skor sekitar 200 ribuan lebih untuk beberapa kali percobaan, menandakan smartphone ini mempunyai kekuatan yang cukup konstan dari waktu ke waktu.

Tidak hanya untuk gaming, smartphone ini juga terbilang cukup baik untuk kebutuhan multi-tasking. Dalam hal ini, realme narzo 30A terbukti dapat membuka beberapa aplikasi tanpa hambatan. Dalam kebutuhan media sosial, unit memberikan performa cukup baik untuk digunakan.

BACA JUGA  Ini Smartphone Yang Paling Laris di Indonesia pada Quartal Ke-3 2020

Berbicara performa, smartphone ini tidak lepas dari salah satu fitur terbaiknya yang terletak pada baterai. Pada realme narzo 30A, realme menaruh baterai yang sangat besar yaknin 6000mAh. Baterai ini dikabarkan mampu bertahan selama 40 hari lebih dalam keadaan standby.

Namun berdasarkan pemakaian kami, dengan signal tersambung selama 24 jam, smartphone ini dapat bertahan selama hampir 2 hari untuk berbagai jenis kegiatan normal.

Untuk bermain game, realme narzo 30A ini mampu bertahan hingga 10 jam non-stop atau 20 jam untuk menonton film online.

BACA JUGA  Siap Dirilis 15 Desember, Cek Spesifikasi Dan Harga Huawei Mate 40 Pro

Untuk memperkuat fitur baterai, realme tidak lupa menyematkan charger yang tidak kalah baik dari baterainya. Pada realme narzo 30A, realme menempatkan charger 18W Quick Charge yang dapat mengisi daya smartphone ini dalam waktu 2,5-3 jam.

Pengisian daya dapat dikatakan cukup memakan waktu, namun dengan performa baterai yang diberikan, dapat disimpulkan bahwa waktu penggunaannya sebanding dengan waktu pengisian dayanya.

Desain

realme narzo 30A mempunyai desain yang tergolong segar. Badan belakang dari smartphone ini mempunyai tekstur doff sehingga sidik jari tidak terlalu menempel di perangkat ini.

BACA JUGA  Jangan Panik ! Ini Cara Menemukan Smartphone Android Yang Hilang

Lambang narzo ada di bawah kamera sehingga realme tetap dapat memasarkan lini narzo ini ke masyarakat tanpa harus takut tertutupi oleh tangan saat penggunanya melakukan mirror selfie.

Desain diagonal yang tidak menyeluruh mempermanis badan bagian belakang smartphone. Desain diagonal tersebut juga terlihat menarik dan dinamis karena terlihat berbeda sesuai dengan pantulan cahaya yang terpantulkan.

Pada bagian kiri atas terdapat kamera ganda yang terletak di dalam kotak berwarna hitam bersamaan dengan flash kamera. Tidak hanya itu, pada bagian belakang terdapat juga sensor sidik jari yang nyaman dan sesuai dengan jangkauan jari.

BACA JUGA  Berikut Ini Spesifikasi dan Harga Oppo Reno5 di Indonesia

Tidak lupa, realme menaruh layar sebesar 6,5 inci dengan jenis layar mini-drop yang menjadikan layar terlihat besar. Rasio bodi ke layarnya sendiri tergolong besar dengan 88,7%, sehingga para penggunanya dapat menggunakan smartphone ini untuk berbagai kegiatan dengan nyaman.

Secara keseluruhan, smartphone ini mempunyai build quality yang baik dan kokoh. Warna dan desain yang diberikan juga terbilang sangat muda. Warna biru dari smartphone ini terlihat sangat muda dan segar, berbeda dengan warna hitam yang terlihat lebih premium dan elegan.

Kamera

realme narzo 30A memiliki jenis kamera ganda atau dual camera pada bagian belakang, dan satu kamera pada bagian depan. Kamera dari smartphone ini bukanlah hal yang begitu spesial, namun bukan berarti kamera dari ponsel cerdas ini buruk.

BACA JUGA  Inilah 7 Smartphone Terbaik 2020 dengan Harga di Bawah Rp2 Jutaan

Kamera utama pada bagian belakang smartphone ini memiliki resolusi 13 MP dengan bukaan f/2.2. Hasil kamera utamanya terbilang cukup di segmen smartphone entry-level.

Saat mengambil gambar pada malam hari, fitur Nightscape Mode pada realme narzo 30A cukup membantu menghasilkan foto low light dengan hasil yang layak untuk dibagikan ke media sosial.

Pada lensa kedua, realme menaruh lensa B&W Portrait 2MP dengan bukaan F/2.4 yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto-foto bokeh. Hasil yang diberikan juga terbilang merupakan hasil yang cukup.

BACA JUGA  Telah Beredar Bocoran Spesifikasi Nokia 5.4, Yuk Kita Simak Isinya

Berbeda dengan kamera depannya, realme memberikan 8MP AI Front camera dengan bukaan f/2.0. Kamera depan memiliki hasil bokeh yang cukup baik dan rapih dibandingkan dengan kamera belakangnya. Untuk hasil-hasil foto kamera depan lainnya, hasil kamera terbilang lembut.

Satu fitur kamera menarik yang ada di realme narzo 30A ini adalah filter-filter dengan warna menarik pada mode malam. Pada mode malam, realme menyiapkan 3 filter yang dapat membuat hasil foto pengguna menjadi lebih trendi di antaranya Flamingo, Cyberpunk, dan Modern Gold.

Kapasitas Memori dan Slot Kartu

Untuk realme narzo 30A, realme sayangnya hanya memberikan calon pengguna satu varian memori saja dengan RAM 4 GB dan memori 64 GB. Tapi para pengguna tidak perlu khawatir, karena pabrikan menyediakan slot untuk memory card yang dapat diperbesar hingga 256 GB.

BACA JUGA  Laptop Lenovo Yoga Slim 7i Carbon, Dengan Design Elegan Dan Ringan

realme menyediakan sebanyak 3 slot kartu, yaitu 1 untuk memory card external, dan 2 sim card yang memungkinkan pengguna untuk mempunyai 2 nomor aktif bersamaan.

Verdict

Secara keseluruhan, realme narzo 30A dapat dikatakan sebagai smartphone yang mempunyai kekuatan gaming yang cukup di atas rata-rata untuk ponsel harga sejutaan.

Tidak hanya itu, kemampuan baterainya memungkinkan penggunanya tidak perlu khawatir akan baterai karena smartphone ini dapat bertahan untuk waktu yang lama.

Jika Anda mencari smartphone dengan kekuatan yang baik untuk multi-tasking serta untuk gaming, handphone ini dapat menjadi pilihan Anda.

BACA JUGA  Tips Dan Trik Yang Harus Anda Lakukan Agar Baterai HP Tahan Lama

Kameranya juga dapat dikatakan cukup memadai dan sebagai pemanis, desain yang segar dan dinamis diberikan oleh realme ke dalam handphone ini.

Untuk di harga satu jutaan, realme narzo 30A dapat dikatakan sebagai lawan yang tangguh untuk smartphone di kelasnya.

realme narzo 30A sudah dapat dibeli di platform e-commerce seperti Shopee, Akulaku dan situs resmi realme. Merek juga menawarkan free paket data sebesar 36 GB dari Indosat dengan syarat dan ketentuan berlaku.(Sindo)

Leave a Comment