Tips Dan Makanan yang Cerahkan Warna Tubuh dan Sirip Cupang

Betta fish atau ikan cupang merupakan spesies yang sangat untuk karena membutuhkan perawatan dan makanan yang khusus. Mereka adalah salah satu ikan akuarium paling populer karena warnanya yang cerah dan mudah dirawat.
Untuk mempertahankan warna tubuh dan sirip yang cerah, baiknya pemilihan makanan juga perlu diperhatikan.

 

Daftar isi

Berikut jenis-jenis makanan agar warna cupang cerah, baik dari tubuh maupun siripnya:

1. Spirulina

Spirulina adalah sejenis tanaman ganggang atau mikroalga yang berpigmen hijau kebiruan. Spirulina yang dapat meningkatkan kesehatan dan warna pada ikan cupang.

Namun karena cupang adalah karnivora, mereka tidak akan memakan pakan ini begitu saja.

Beberapa produk yang dijual di pasaran menggunakan spirulina untuk kandungan tambahan sebagai aditif pada pakan beku maupun pelet (fish flakes).

2. Udang air asin

Memberi makan ikan cupang dengan udang air asin atau brine shrimp dapat meningkatkan warna pada ikan cupang.

BACA JUGA  Tips Dan Trik Yang Harus Anda Lakukan Agar Baterai HP Tahan Lama

Udang-udangan (krustasea) biasanya kaya akan pigmen karotenoid yang dapat mempertegas corak warna merah dan kuning pada ikan.

Selain itu, udang air asin mudah tumbuh dan kuat terhadap penyakit, seperti dikutip Pets The Nest.

3. Ikan Salmon dan Haring

Makanan alami ikan cupang sebagian besar adalah serangga tetapi Anda juga bisa menambahkan makanan yang mengandung ikan salmon dan ikan haring.

Seperti krustasea, makanan ini mengandung banyak karotenoid. Pakan ikan cupang dari bahan ikan salmon dan ikan haring bisa Anda jumpai di toko hewan peliharaan.

BACA JUGA  Pengenalan Dan Cara Perawatan Tanaman Aglonema

4. Jentik Nyamuk

Sebagai makanan pokok di habitat aslinya, jentik-jentik nyamuk adalah pilihan makanan ikan cupang yang sangat baik.

Biasanya pada musim kemarau, nyamuk lebih aktif berkembang biak dan menghasilkan larva atau jentik nyamuk.

5. Cacing Darah

Cacing darah alias bloodworms adalah larva dari lalat pengusir hama. Ini adalah makanan ikan cupang yang tinggal di alam liar.

Cacing darah mengandung zat besi tinggi sehingga dapat menghasilkan warna merah cerah pada tubuh ikan.

BACA JUGA  Wow! Janda Bolong Dijual Hingga Rp 100 Jutaan Perbatang

Jika Anda tidak dapat menemukan cacing darah hidup, beberapa toko hewan peliharaan pun menyediakan cacing ini dalam bentuk gel atau kering.

6. Lalat Buah

Jenis makanan yang dapat mencerahkan warna tubuh dan sirip ikan cupang selanjutnya adalah lalat buah. Jenis yang bisa digunakan sebagai pakan adalah lalat buah umum yang biasanya ditemukan pada buah di rumah Anda.

Ada pula jenis lalat buah yang tidak bersayap dan sangat cocok diberikan kepada ikan cupang. Bahkan Anda sendiri bisa membiakkan lalat buah tersebut dalam wadah kecil untuk pakan cupang.

BACA JUGA  6 Tanaman Hias yang Berfungsi Menyaring Udara Dalam Ruangan

7. Udang Rebon

Mysis atau disebut juga udang rebon mengandung kaya serat sehingga membantu menyehatkan pencernaan ikan cupang. Melansir Betta Fish, udang rebon memiliki kelebihan dibandingkan udang ikan asin lantaran tinggi kandungan air dan asam amino.

Bagi ikan cupang yang agak pemilih, makanan ini bisa jadi selingan atau variasi makanan agar tak bosan. Anda bisa menggunakan rebon segar maupun yang sudah dikeringkan.

Tips dan panduan memberi makan ikan cupang agar sehat dan warnanya tetap cerah

BACA JUGA  Manfaat Minum Air Putih Segera Setelah Bangun Pagi

Memberi makan berlebihan adalah kesalahan paling umum yang dilakukan pemilik ikan baru. Pemberian pakan yang berlebih akan menyumbat filter dan dapat terurai menjadi racun yang berbahaya bagi ikan.

Jika sumber makanan banyak, mereka akan makan beberapa kali dalam sehari. Di sisi lain, jika sumber makanan langka, mereka tidak akan makan terlalu banyak.

Artinya, ketika ikan di akuarium diberikan makanan banyak, mereka akan melahapnya meskipun tidak kelaparan.

 

Berikut panduan memberi makan ikan cupang:

1. Sesuaikan dengan jenis pakan

Memberi makan berkali-kali dalam sehari dapat menyebabkan masalah kesehatan ikan cupang lantaran makan berlebihan serta dapat mengganggu kualitas air karena pakan sisa dapat menjadi limbah.

BACA JUGA  9 Cara Sehat Menurunkan Berat Badan Tanpa Lakukan Program Diet

Memberi makan berupa pelet 2-4 butir per ikan, 1-2 kali sehari, sedangkan pakan hidup, beku, atau kering 2-3 buah sebanyak 1-2 kali sehari.

Sejatinya, ikan cupang dewasa cukup diberi makan sekali sehari, sedangkan yang masih bayi atau burayak bisa diberi makan dua kali sehari.

Mungkin Anda akan khawatir ikan akan kelaparan dan merasa kurang, namun untuk pelet dapat mengembang hingga lebih dari 2 kali dari ukurannya setelah basah terkena air.

Untuk diketahui, perut ikan cupang kira-kira sebesar ukuran matanya, sehingga jika ingin diberikan makan tambahan sesuaikan pada tingkat aktivitas dan kepribadian ikan cupang.

BACA JUGA  Fakta Kakek Sugiono Di Ulang Tahunnya Yang Ke 86

Ikan cupang akan makan berlebihan jika Anda membiarkannya. Makan berlebihan dan makan berlebihan dapat menyebabkan sembelit, kembung, obesitas (itu benar ikan cupang bisa menjadi gemuk), masalah kandung kemih, tertular penyakit karena bakteri yang memakan makanan berlebih yang rusak, dan bahkan kematian.

2. Terapkan Jadwal Makan

Melansir BettaFish.org, pemilik cupang bisa menerapkan jadwal makan ideal dan rutin mengganti jenis pakan agar ikan terhindar dari risiko makan berlebihan.

Kemudian, khusus satu hari dalam seminggu, ikan cupang bisa puasa untuk menjaga kesehatan pencernaannya. Ini akan memberi waktu pada saluran pencernaan mereka untuk memproses makanan sepenuhnya.

BACA JUGA  7 Tips Agar Tubuh Tetap Segar Saat Puasa Ramadhan

3. Beri Pakan Bervariasi

Mencoba jenis atau merek pakan lain bisa menjadi solusi ketika ikan cupang tidak mau makan, tidak tertarik, bahkan memuntahkan makanannya.

Selain itu, seiring bertambahnya usia ikan cupang, mereka juga akan menjadi kurang aktif dan mungkin makan lebih jarang, dan ini merupakan kondisi normal. Untuk itu, coba memberi variasi pada makanannya agar nafsu makan kembali meningkat.

Itulah ulasan mengenai makanan agar warna cupang cerah dan tips memberi makan untuk ikan cupang.

BACA JUGA  Tidak Ingin Kecewa? Cek Bagian Ini Saat Membeli Mobil Bekas

Diperlukan waktu dalam mencoba-coba untuk dapat menemukan makanan yang cocok untuk ikan cupang. Untuk itu, tak ada salahnya terus bereksperimen selama beberapa minggu pertama. Selamat mencoba.(CNNIndonesia)

Leave a Comment