Menteri Keuangan Terbitkan Aturan Diskon Pajak Mobil Baru

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang insentif penurunan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) kendaraan bermotor.

PMK ini merupakan aturan pelaksanaan dari pedoman yang diumumkan sebelumnya.

Ketentuan tersebut tertuang dalam PMK nomor 20 / PMK.010 / 2021 tentang Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Penyediaan Barang Kena Pajak yang digolongkan sebagai Barang Mewah berupa kendaraan bermotor tertentu yang ditanggung oleh pemerintah untuk tahun anggaran 2021.

Peraturan ini dikeluarkan pada tanggal 25 Februari 2021 oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Kemudian diproklamasikan oleh Presiden Joko Widodo pada 26 Februari 2021

BACA JUGA  Presiden Optimis Masih Ada Waktu Untuk Selamatkan Perekonomian

“Diskon PPnBM mobil baru ini untuk jenis sedan atau station wagon dengan motor bakar cetus api atau nyala kompresi (diesel atau semi diesel) dengan kapasitas isi silinder sampai 1.500 cc,” tulis aturan tersebut, di Jakarta, Sabtu (27/2/2021).

Pelonggaran PPnBM kemudian juga berlaku untuk kendaraan bermotor dengan kapasitas angkut kurang dari 10 orang, termasuk sedan atau station wagon, dengan mesin pengapian atau pengapian kompresi dengan sistem penggerak poros tunggal 4×2 dengan kapasitas silinder 1.500 cc.

BACA JUGA  Penjelasan Sederahana Apa Itu Resesi, Yanga Akan Dialami Indonesia

Leave a Comment