Gibran Resmi Dilantik Jadi Wali Kota Solo Hari Ini Secara Daring

Putra tertua Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, resmi dilantik sebagai Walikota Solo di Jawa Tengah hari ini, Jumat (26/2).

Dia diangkat bersama Teguh Prakosa, yang akan mendampingi dia sebagai Walikota Solo.

Pelantikan berlangsung sekitar pukul 08.30 WIB di Gedung DPRD Kota Solo Graha Paripurna. Gibran dilantik langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mewakili pemerintah pusat di daerah.

“Alhamdulillah, pelantikan hari ini berjalan dengan baik. Jabatan ini amanah dan akan kami manfaatkan untuk masyarakat Solo,” kata Gibran usai pelantikan.

BACA JUGA  Tidak Tertutup Kemungkinan Ubah Omnibus Law Lewat Uji Materi di MK

Usai pelantikan Gibran-Teguh, prosesi dilanjutkan dengan pengukuhan istri Gibran sebagai ketua PKK dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Pelantikan dipimpin oleh istri Ganjar Atikoh Ganjar Pranowo selaku ketua PKK dan Dekranasda Provinsi Jawa Tengah.

Diketahui, Gibran-Teguh menjadi pemenang Pilkada Kota Solo 2020. Mereka mengalahkan pasangan calon independen Bagyo Wahyono-FX Supardjo (BaJo).

Gibran-Teguh yang didukung mayoritas parpol lebih unggul dari lawannya Bajo yang hanya memperoleh 35.055 atau 14,46 persen suara.

Ketika Gibran ditetapkan sebagai pasangan calon pemenang oleh KPU, dia mengaku langsung ingin bekerja maksimal dalam memimpin kota Solo mendatang.

BACA JUGA  Mamasa Sulawesi Barat Diguncang Gempa Dini Hari Tadi

“Saya bersama Wakil Wali Kota terpilih, Teguh Prakosa, ke depan menjadi mitra di Pemerintahan Kota Surakarta untuk kerja, kerja, dan kerja,” kata Gibran usai ditetapkan sebagai Wali Kota Surakarta terpilih dalam rapat pleno terbuka oleh KPU Surakarta, di Hotel Swiss Bell Solo, Kamis (21/1).

Gibran ingin memprioritaskan percepatan pemulihan ekonomi dan masalah kesehatan yang menjadi fokusnya.

Leave a Comment