4 Bahan Alami Yang Ampuh Atasi Kulit Kepala Kering Sebab Ketombe

Kulit kepala yang kering bisa menyebabkan masalah ketombe. Rambut juga mudah patah dan rontok. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit kepala.

Anda bisa merawat kulit kepala kering dengan bahan alami. Bahan alami ini memiliki keunggulan berada dimana-mana dan cukup mudah digunakan.

Lalu apa saja bahan alami yang ampuh mengatasi kulit kepala kering?

Berikut urutannya seperti dilansir laman Times of India, Kamis (25/2/2021).

1. Minyak

Semua jenis minyak dapat memberikan keajaiban bagi kulit kepala kering secara umum. Ini termasuk minyak kelapa, almond, zaitun, jojoba dan argan. Anda bisa memilih jenis oli yang Anda inginkan dan yang terbaik. Minyak memiliki kemampuan untuk menjaga kulit kepala tetap terhidrasi sementara protein yang dikandungnya dapat membantu menjaganya tetap terhidrasi.

2. Lidah Buaya

Tanaman ini adalah salah satu bahan alami yang bagus untuk kulit kepala yang kering. Gel lidah buaya mengandung sifat antiradang yang dapat menenangkan kulit kepala yang kering.

BACA JUGA  Kebiasaan Tidur Yang Buruk Berdampak Pada Berat Badan

Iritasi kulit dan kulit kepala gatal juga menjadi penyebab kekeringan. Lidah buaya bisa bekerja dengan baik untuk mengatasi masalah ini.

Baca juga: Lima Bahan Alami Ini Bisa Tuntaskan Masalah Ketombe Anda

3. Cuka sari apel

Kulit kepala kering bisa jadi penyebab ketombe. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa kulit kepala tidak terpapar bakteri atau jamur. Untuk mengatasi masalah ini dan menyeimbangkan pH, gunakan cuka sari apel. Bertindak sebagai pelembab dan antibakteri.

BACA JUGA  Masa Pandemi Bikin Pasangan Rentan Pisah, Begini Cara Mengatasinya

Cuka sari apel adalah produk anti inflamasi yang membantu meredakan gatal. Cuka sari apel sangat asam, jadi Anda perlu mengencerkannya dengan perbandingan 1: 4, yaitu mencampurnya dengan air.

4. yogurt

Yogurt merupakan salah satu pelembab alami terbaik, terutama untuk kulit kepala kering. Ini tinggi asam laktat, yang membantu menyehatkan kulit kepala. Kemudian yogurt mengandung zinc, yang bisa membuat sel-sel kulit lebih mudah tumbuh kembali.

Namun sebelum menggunakannya, coba oleskan sedikit yogurt di tangan Anda. Ini digunakan untuk menentukan ada tidaknya sifat alergi.

BACA JUGA  Hikmah Peristiwa Isra Mi'raj Dan Perintah Sholat Lima Waktu

Leave a Comment