3 Alasan Berikut Ini Bikin Anda Gagal Daftar Kartu Prakerja 2021

Pemerintah resmi membuka pendaftaran Program Kartu Pra Kerja 2021. Pembukaan pendaftaran gelombang 12 langsung dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Program dibuka dengan kuota untuk 600.000 orang. Airlangga menyatakan program kartu prakerja akan tetap menggunakan metode dukungan semi sosial pada semester pertama tahun ini.

Namun, ada alasan mengapa seseorang mungkin gagal dalam registrasi kartu pra-kerja.

Alasan gagal mendaftarkan kartu pra-kerja Menurut Direktur Komunikasi Manajemen Implementasi Panji Winanteya Ruky, ada tiga alasan mengapa registrasi Kartu Pra-Kerja gagal:

BACA JUGA  Pemerintah Buka Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang 10

1. Proses pendaftaran terhenti

Ada kalanya proses pendaftaran terhenti karena masalah teknis. Menurut Panji, peserta sebenarnya bisa melanjutkan proses yang sempat terhenti.

Misalnya, jika seorang peserta mengupload foto dirinya dan berada di tengah-tengah langkah ini, jaringan Internet tiba-tiba rusak.

Pendaftar dapat mengupload ulang foto tanpa harus memulai pendaftaran dari awal.

2. Calon peserta tidak teliti

Calon peserta mungkin tidak berhati-hati. Intinya di sini adalah bahwa penyeleksi kartu pra-kerja menemukan banyak pelamar yang salah mendaftar, sehingga dokumen yang dikirimkan tidak sesuai dengan detail peserta yang dimasukkan.

BACA JUGA  Simak Cara Daftarnya! Kartu Prakerja Gelombang 12 Segera Dibuka

Oleh karena itu, Anda harus memeriksa data yang telah ditulis sebelum mengajukan aplikasi. Misalnya mengecek Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nama di NIK agar bisa diverifikasi.

3. Alamat email salah

Alasan seseorang gagal dalam registrasi kartu pra-kerja terakhir adalah karena alamat email yang tidak valid. Konfirmasi akan dikirim ke alamat email yang terdaftar.

Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12

Sebelum memutuskan mendaftar, setiap calon peserta diharapkan memenuhi syarat. Untuk itu, simak syarat daftar Prakerja gelombang 12 tahun 2021 berikut ini:

BACA JUGA  Ini Bocoran Soal Lanjutan Program Kartu Prakerja Gelombang 11

1. Berkewarganegaraan Indonesia (WNI) minimal berusia 18 tahun ke atas

2. Merupakan pencari kerja, penganggur atau pekerja, wirausaha

3. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

4. Belum pernah menerima atau menjadi peserta Kartu Prakerja di tahun sebelumnya

5. Jumlah keluarga yang menerima Kartu Prakerja tak lebih dari dua orang

6. Bukan berasal dari pejabat negara, TNI/Polri, ASN, anggota DPR/D, BUMN/D, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD

7. Belum menjadi penerima Bansos Kemensos (DTKS), penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), serta Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

BACA JUGA  Cara Cek Hasil Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 12

Hindari hal-hal atau alasan seseorang tak lolos pendaftaran kartu Prakerja. Teliti dalam menjalani setiap prosesnya adalah kunci keberhasilan calon peserta.

Leave a Comment